Connect with us

Berita Terbaru

Cara Petani Panimbang Mensyukuri Nikmat; Janji Merawat Bumi hingga Bancakan Nasi Timbel Ramai-ramai

Published

on

Petani di Kampung Berebes, Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang saat Merayakan Sedekah Bumi (BantenHits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Sebagian masyarakat tani di Kabupaten Pandeglang, Banten, memiliki cara unik untuk mensyukuri nikmat atas karunia yang diberikan sang pencipta.

Cara itu dibalut dengan sebuah tradisi yang hampir ada di setiap wilayah di Indonesia, yakni Sedekah Bumi. Sedekah Bumi adalah salah satu upacara tradisional untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT.

Upacara ini masih bisa ditemui setiap tahun di Kampung Sugal, Desa Mekarsari, Kecamatan Panimbang, sebelum atau sesudah menggarap sawah. Para penduduk di Kampung tersebut berkumpul dengan penuh suka cita dan berdoa.

Tokoh Masyarakat, Yusri mengatakan, tradisi Sedekah Bumi mempunyai makna yang mendalam dalam kehidupan. Pertama, mengajarkan rasa syukur. Kedua, mengajarkan bahwa manusia harus hidup harmonis dengan alam semesta.

BACA :  Bukopin Tawarakan ASN Kemenang Jelang Pensiun Bisa Ajukan Pinjaman

“Banyak makna yang tersirat di dalam tradisi sedekah bumi ini. Selain harus mensyukuri kita juga harus merawat alam,” katanya, Sabtu 17 Oktober 2020.

Seusai memanjatkan do’a, para penduduk berbondong-bendong ke sawah tempat mereka menanam padi. Disana, mereka bancakan dengan hidangan khas sunda, yakni nasi timbel.

“Tanah yang kita pijak setiap hari, buang hajat di situ, kita bertani di situ dan segala sesuatu yang kita lakukan di tanah. Sehingga kita harus merawatnya dengan cara memberikan sedekah terhadap bumi,” tandasnya.

Sementara Camat Panimbang, Kosasih mengingatkan, agar warga menjaga kekompakan dan terus menjalin silaturahim.

“Mari kita berdoa, jaga selalu kekompakan dan pertahankan tradisi sedekah bumi ini agar selalu bisa menjalin silaturahmi dan semoga hasil panen melimpah dan mendapatkan keberkahan Allah SWT,” pungkasnya.

BACA :  Pekerja Kuali Sudah Tiba di Lampung

Editor : Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler