Connect with us

Berita Terbaru

Leppami HMI Pandeglang Minta Limbah di Tempat Isolasi OTG Covid-19 di Wisma PKPRI Ditangani dengan Baik

Published

on

Wisma PKPRI Pandeglag, Tempat Isolasi Pasien OTG Covid-19 (Foto. Google)

Pandeglang – Leppami Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Pandeglang meminta Pemerintah Kabupaten Pandeglang memperhatikan limbah pasien Orang Tanpa Gejala (OTG) Covid-19 yang diisolasi di wisma PKPRI.

Anggota Leppami HMI Pandeglang, Hidayatul Fajri menilai, produksi limbah seperti sampah itu harus ditangani dengan baik. Karena jika tidak, sampah yang dihasilkan dari pasien OTG berpotensi menularkan Covid-19 kepada masyarakat sekitar.

“Penanganan sampah bekas pasien OTG Covid-19 tidak boleh dilakukan sembarangan. Kami harap Pemkab Pandeglang betul-betul melakukan penanganan sampah itu agar tidak menambah penularan Covid-19,” kata Fajri kepada BantenHits, Senin 19 Oktober 2020.

Sementara Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Pandeglang, Dr Achmad Sulaeman mengatakan, masalah penanganan sampah pasien OTG Covid-19 masih dibicarakan dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pandeglang.

BACA :  BLH Cari Penyebab Banjir Bandang Pandeglang

“Masalah sampah masih di bicarakan, meski pun ada beda-beda pendapat. Tapi mudah-mudahan Minggu depan bisa selesai dibahas,” ujarnya.

Menurut Sulaeman, sampah yang dihasilkan OTG Covid-19 yang diisolasi di wisma PKPRI hanya sampah rumah tangga. Karena di wisma PKPRI tidak ada aktivitas penanganan medis.

“Kan itu bukan sampah medis yah, paling sampah rumah tangga, paling sisa makanan dan ini sudah ada SOP (Standar Oprasional Prosedur) nya, InsyaAllah aman,” katanya.

Ia juga menjelaskan, penanganan sampah itu dilakukan dengan cara dikumpulkan lalu disemprot menggunakan disinfektan, lalu dilakukan pembakaran.

“Jadi dimasukin kantong, terus di semprot dan dibakar. Nanti kerjasama dengan DLH. Sampahnya juga dipisahin supaya aman bagi petugas dan lingkungan sekitar,” pungkasnya.

BACA :  Muhamad Iscal Tewas Setelah Jatuh dari Atap SMP Krakatau Posco

Editor : Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler