Connect with us

Advertorial

Kerja Keras Satgas Covid-19 Kabupaten Serang Ubah Zona Merah Jadi Orange, Dinkes Minta Warga Tak Lengah Terapkan 3M

Published

on

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, dr. Agus Sukmayadi mengatakan, perubahan Kabupaten Serang dari Zona Merah ke orange berkat kerja keras satgas Covid-19. (BantenHits.com/ Mursyid Arifin)

Serang –  Kerja keras Satgas Covid-19 Kabupaten Serang berhasil membuat Kabupaten Serang berubah dari zona merah menjadi orange.

Meski demikian, warga di Kabupaten Serang tetap tak lengah terapkan protokol kesehatan (Prokes) di masa pandemi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, dr. Agus Sukmayadi menjelaskan, penetapan status zona merah bukan berdasarkan jumlah kasus positif yang terkonfirmasi. Tetapi juga berdasarkan penilaian-penilaian terhadap aktivitas Satgas dalam menanggulangi pencegahan penularan virus corona atau Covid-19.

“Tidak semata-mata dari kasus yang meningkat, tapi ada indikator-indikator lain yang dapat dijadikan penilaian bahwa Kabupaten Serang ditetapkan sebagai zona merah. Dan sekarang berubah lagi menjadi zona oranye,” ujarnya saat ditemui wartawan di kantornya, Selasa, 20 Oktober 2020.

BACA :  Dukung Iye-Awab di Pilkada Kota Cilegon, Mantan Prajurit Lulusan Terbaik Akmil Tahun 2000 Beri Instruksi

Diketahui, penetapan status zona oranye Kabupaten Serang ini sejak Senin 12 Oktober 2020 kemarin.

Menurut Agus, tolak ukurnya adalah adanya penurunan-penurunan kasus maupun aktivitas dari Satgas yang begitu gencar dalam melakukan upaya-upaya menekan penyebaran Covid-19 di masyarakat. Artinya, ada keberhasilan dari kinerjanya.

“Penetapan status zona merah itu hanya seminggu sesuai dengan ketentuan penetapan zona yang dilakukan oleh Satgas Provinsi Banten itu yang secara intens dilakukan dievaluasi,” bebernya.

Jangan Lengah

Agus Sukmayadi mengingatkan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19, meski telah berubah statusnya menjasi zona orange.

Agus menuturkan, meski sudah memasuki status zona oranye untuk Kabupaten Serang namun Satgas penegakan dan penerapan disiplin protokol kesehatan Covid-19 akan terus berupaya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

BACA :  1.299 Klaster Covid-19 di Indonesia Berasal dari Keluarga, Pemerintah Terbitkan Protokol Kesehatan Keluarga di Masa Pandemi

“Tetap harus dipatuhi protokol kesehatan manakala mereka (masyarakat) sedang beraktivitas di luar rumah,” tegasnya.

Agus melihat, berdasarkan hasil pantauan Satgas ke beberapa wilayah yang dilakukan secara serentak dan masif di 29 kecamatan di Kabupaten Serang pada Sabtu 10 Oktober 2020 menunjukkan hasilnya bahwa kesadaran masyarakat meningkat.

“Alhamdulillah, hasil pantauan di beberapa wilayah kesadaran masyarakat meningkat dalam mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya.(Advertorial)



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler