Connect with us

Advertorial

Wakil Rakyat di Banten Jadi Pelopor Lumbung Pangan, Hasil Urunan Warga Bisa Bantu Logistik dan Biaya Pasien Covid-19

Published

on

Wakil rakyat di Banten, Nawa Said Dimyati tampak bersama warga melakukan kegiatan pencegahan Covid-19. Nawa menggerakkan warga untuk peduli Penanggulangan Covid-19. (Istimewa)

Tangerang – Aksi wakil rakyat di Banten ini layak diapresiasi. Tak hanya kritis menyuarakan aspirasi warga di parlemen, sang wakil rakyat juga piawai mengaplikasikan gagasan di tempat tinggalnya. Hasilnya warga pun bergerak ramai-ramai membantu pemerintah menanggulangi Covid-19.

Adalah Nawa Said Dimyati nama wakil rakyat itu. Meski menjabat Wakil Ketua DPRD Banten, penampilan Nawa tak menunjukkan seorang pejabat.

Di tempat tinggalnya di Perumahan Pondok Rezeki, Kelurahan Kota Baru, Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, Banten, Cak Nawa–demikian dia biasa disapa–bahkan dikenal guyub dan turun langsung dalam kegiatan warga.

Ketua RW 06 Muhamad Edi kepada BantenHits.com menuturkan, warga di Perumahan Pondok Rejeki diajak seluruhnya terlibat peduli Covid-19 dengan mamatuhi Protokol Kesehatan 3M.

BACA :  Gila! Hanya Butuh 3 Detik untuk Beraksi, Dua Pria Asal Lampung Ini Curi 1.080 Motor selama Enam Tahun

“Diajak sama cak Nawa (terlibat) dari awal kejadian Covid-19 untuk patuhi protokol Covid-19,” kata Muhamad Edi kepada BantenHits.com, Jumat, 23 Oktober 2020.  

Menurut Edi, di Komplek Perumahan Pondok Rezeki, untuk meminimalisir penyebaran Covid-19, setiap hari tempat ibadah dan komplek perumahan dilakukan penyemprotan disinfektan. 

“Kegiatan rutin kita liburkan, masyarakat kita selalu imbau untuk pakai masker dan di depan rumahnya ada tempat cuci tangan agar setiap ada tamu bisa mematuhi protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya.

Muhamad Edi juga mengungkapkan, lingkungan RW 06 memiliki tempat lumbung pangan untuk membantu masyarakat yang sedang isolasi mandiri karena dinyatakan positif Covid-19.

Hasil urunan warga melalui lumbung pangan, digunakan untuk mencukupi kebutuhan makan pasien Covid-19 dan keluarganya. Selain itu, lumbung pangan juga bisa membiayai warga yang sakit.

BACA :  Pilkada Kota Tangerang: Arief-Sachrudin 609.428 Suara, Kolom Kosong 102.386 Suara

“Ada sosialisasi (pencegahan) Covid-19 yang kita libatkan Dinkes Tangerang. Kita buat lumbung pangan, sudah membantu dari awal warga di kita membantu untuk berobat dan lainnya,” ungkapnya.

Berkat kerjasama Cak Nawa bersama Dinas Kesehatan, lanjut Edi, Perumahan Pondok Rejeki telah membentuk satuan tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di setiap RT di lingkungan RW 06.

“Itu satgas yang selalu mengingatkan masyarakat agar patuhi protokol Covid-19 (3M). Mereka juga yang selalu melakukan penyemprotan dan mengumpulkan dana dari masyarakat untuk memenuhi lumbung pangann,” ujarnya.

Wakil Ketua DPRD Banten, Nawa Said Dimyati mengerakkan warga untuk peduli Penanggulangan Covid-19. (Istimewa)

Ditanya soal aksi di tempat tinggalnya, M. Nawa Said Dimyati mengaku sebagai wakil rakyat ia mempunyai kewajiban untuk membantu masyarakat dan mengimbau agar mematuhi protokol Covid-19.

BACA :  Mantan Kepala Desa Tiga Periode Jadi Otak Penyerangan Brutal yang Tewaskan Satu Pengawal Mobil Limbah Tambang di Pengarengan

Ditambah lagi, kata Nawa, sebagai kader Demokrat yang diperintahkan untuk membangun kampung sehat di Daerah Pemilihannya di tengah Pandemi Covid-19 sudah menjadi keseharuannya untuk menggerakan masyarakat dan hidup sehat di tengah situasi seperti ini.

“Sudah kewajiban saya. Pak RW dan Para RT dari awal  selalu saya sarankkan dan saya kasih jalan agar membuat satgas,”  katanya.

Dirinya juga berharap masyarakat terus bisa mematuhi protokol Covid-19 dengan menerapkan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan Dengan Sabun dan Menjaga jarak).

“Harapannya dengan masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan ini dapat meminimalisir penyebaran Covid-19, apalagi Kabuapten Tangerang masih zona orange,” harapnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Pernah menjadi tokoh mahasiswa selama kurun perkuliahan 2015-2019, pria asal Banten Selatan ini memutuskan pilihan hidup menjadi jurnalis setelah lulus kuliah. Tolib memiliki ketertarikan pada dunia kepenulisan.

Terpopuler