Connect with us

Berita Terbaru

Ironi Kabupaten Pandeglang; Daerah Rawan Bencana hingga Diterjang Tsunami yang Tak Punya Perda Kebencanaan

Published

on

Kepala Pelaksana BPBD Pandeglang, Surya Darmawan saat Memberikan Keterangan Pers.(BantenHits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Kabupaten Pandeglang, adalah salah satu daerah di Provinsi Banten yang rawan bencana. Hampir setiap tahun, bencana alam seperti banjir dan puting beliung terjadi di Kabupaten yang terletak di ujung Pulau Jawa ini.

Bahkan pada tahun 2018, Kabupaten Pandeglang juga pernah diterjang Tsunami Selat Sunda, yang menyebabkan ratusan orang kehilangan nyawa dan ribuan orang terluka.

Meski demikian, Kabupaten Pandeglang belum memiliki Peraturan Daerah (Perda) tentang Penanggulangan Bencana. Sehingga, penanganan bencana yang dilakukan Pemkab Pandeglang belum maksimal.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, Surya Darmawan mengakui jika Kabupaten Pandeglang belum memiliki Perda Penanggulangan Bencana.

BACA :  83 Calon Anggota Polri di Banten Terancam Gagal Lulus Seleksi Karena 'Cadel'¬†

“Ya betul brlum memiliki Perda tentang penanggulangan bencana,” kata Surya, Sabtu 24 Oktober 2020.

Surya mengatakan, Perda tersebut sangat penting sebagai dasar hukum agar anggaran dapat berpihak pada penanganan bencana.

“Perda itu penting sebagai dasar hukum, karena dengan adanya Perda lebih diberikan anggaran, penambahan personil dan jaringan-jaringan nanti di sana (Perda),” jelasnya.

Akan tetapi, mantan Camat Cikedal ini mengaku, BPBD Pandeglang tengah menyusun Rancangan Perda tersebut agar bisa dilakukan pembahasan dengan DPRD Pandeglang.

Dia juga berharap, tahun depan Kabupaten Pandeglang sudah memiliki Perda Penanggulangan Bencana.

“Kami sedang menyusun Raperda penanggulangan bencana, mudah-mudahan tahun depan sudah ada Perda nya,” pungkasnya.

Editor : Fariz Abdullah

BACA :  Rano Instruksikan SKPD Copot Baliho Bergambar Dirinya, Deden: Baru Lisan



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler