Connect with us

Berita Terbaru

Danlanal Banten Tegaskan Siap Dukung Gerakan Rehabilitasi Terumbu Karang di Pandeglang

Published

on

Danlanal Banten, Letkol Laut (P) Budi Iryanto, M. Tr. Hanla saat Berbincang Dengan Koordinator F-PTK Banten, Nurwata Wiguna (Istimewa)

Cilegon – Gerakan Rehabilitasi Terumbu Karang (GRTK) di Provinsi Banten, khususnya di Kabupaten Pandeglang mendapat dukungan dari Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Banten, Letkol Laut (P) Budi Iryanto, M. Tr. Hanla.

Bahkan Budi Iryanto mengharapkan agar gerakan tersebut dilaksanakan secara masif dan berkelanjutan. Hal itu disampaikan Budi saat menerima kunjungan dari Koordinator Forum Pelestari Terumbu Karang (F-PTK) Banten, Nurwarta Wiguna di ruang kerjanya, kemarin.

“GRTK yang akan dimulai dari sejumlah komponen masyarakat, baik perorangan maupun kelompok ini harus dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima BantenHits, Selasa 27 Oktober 2020.

BACA :  Sampai 5 Juni 2020, Pengguna KRL Tujuan Maja, Citeras dan Rangkasbitung Bakal Diputarbalik, Jika ...

Budi yakin gerakan tersebut dapat menjaga dan melestarikan ekosistem laut yang rusak akibat bencana Tsunami Selat Sunda tahun 2018 lalu.

“Hal ini agar ekosistem laut, terutama terumbu karang tetap terjaga keberadaan, sehingga bisa terus mendatangkan manfaat kepada masyarakat dan tentunya juga untuk keseimbangan ekosistem alam bahwa laut,” terangnya.

Peluncuran GRTK tahap I rencananya dilaksanakan pada 28 Oktober 2020, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda di Pulau Badul, Kecamatan Sumur dan tahap II pada 10 November 2020, bertepatan dengan Hari Pahlawan di Pulau Liwungan, Kecamatan Panimbang, Pandeglang.

Budi melanjutkan yang harus lebih diperkuat lagi, lanjut Danlanal adalah memberikan edukasi tentang pentingnya terumbu karang kepada masyarakat luas, terutama anak-anak sejak dini.

BACA :  PeDe Bakal Menang Jadi Alasan Golkar Usung Irna-Tanto dan Tatu-Pandji di Pilkada Serentak Banten

“Peluncuran GRTK merupakan momen penting dan harus menjadi perhatian semua pihak, tidak sekadar bagi masyarakat pesisir pantai atau nelayan, melainkan juga bagi pemerintah, swasta, akademisi, pelaku jasa wisata bahari, termasuk para wisatawannya,” tandasnya.

Sementara Koordinator F-PTK Banten, Nurwarta Wiguna memaparkan perihal acara peluncuran dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) GRTK di Kabupaten Pandeglang.

“Setelah peluncuran GRTK I dan II, F-PTK Banten telah menyiapkan program berkelanjutan meliputi Rehabilitasi, Edukasi, Pengembangan SDM dan Kelembagaan,” ujarnya.

Untuk itu, tambah Nurwarta yang juga sebagai Kepala Markas PMI Kota Cilegon, F-PTK sangat membutuhkan dukungan, saran serta bimbingan dan pembinaan dari seluruh komponen, baik institusi pemerintah, komunitas/organisasi serta masyarakat luas.

BACA :  Dari Modus Ziarah Kubur sampai Kasih Uang Jajan, Akal-akalan Ketua RT di Sepatan Gagahi Bocah Kelas V SD

“Mengingat pentingnya GRTK dan kegiatannya harus berkelanjutan, F-PTK akan meminta sejumlah institusi untuk menjadi Pembina. Dan alhamdulillah beberapa sudah menyatakan siap, seperti Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Lanal Banten dan Perkumpulan Urang Banten,” pungkasnya.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler