Connect with us

Advertorial

Untuk yang Sedang Berlibur, Hindari Balik ke Jakarta pada 1 November 2020!!

Published

on

Menhub Budi Karya Sumadi memastikan penumpang kereta di Pasar Senen menggunakan masker dengan benar. (Istimewa)

Jakarta – Sejumlah stasiun dan terminal dilaporkan mengalami kenaikan signifikan pada libur panjang 28 Oktober – 1 November 2020.

Di Terminal Pakupatan, Kota Serang misalnya, lonjakan penumpang yang melalui Terminal Pakupatan, Kota Serang selama libur panjang 28 Oktober – 1 November 2020, terjadi dua hari berturut-turut pada Kamis – Jumat, 29-30 Oktober 2020.

Satuan Pelayanan Dinas Perhubungan Kota Serang pada Terminal Pakupatan mencatat, pada Jumat ini kenaikan penumpang dari 11 persen menjadi 18,9 persen atau 1.620 penumpang.

Sedangkan sehari sebelumnya atau Kamis, 29 Oktober 2020, jumlah penumpang meningkat menjadi 15,9 persen atau 2.117 penumpang.

BACA :  Resmi! 1.000 Lebih Masjid dan Musala di Kabupaten Tangerang Mulai Senin 1 Juni 2020 Dibuka Lagi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang melakukan pemantauan langsung di sejumlah stasiun dan terminal bus antar-kota di Jakarta, mengungkapkan, kenaikan jumlah penumpang paling tinggi terjadi di Stasiun Senen.

“Kenaikan paling tinggi di Stasiun Senen. Kapasitas naik dari 4.000 jadi 8.000 penumpang,” kata Budi kepada wartawan, Kamis siang, 29 Oktober 2020, seusai memberangkatkan Kereta Jayakarta.

Sementara, hasil pemantauan Kementerian Perhubungan, penumpang di Terminal Kampung Rambutan mengalami lonjakan hingga 30 persen.

Selain melakukan pemantauan, Menhub juga memberikan edukasi soal jenis masker yang bisa melindungi dan cara menggunakan masker dengan benar. Budi juga membagi-bagikan masker kepada penumpang.

Keselamatan dan Protokol Kesehatan

“Jadi saya ke Stasiun Pasar Senen dalam rangka untuk memastikan bahwa libur ini berlangsung dengan baik. Apa dengan baik itu? Ada dua. Satu adalah masalah keselamatan, yang kedua adalah protokol kesehatan,” kata Budi.

BACA :  Pergantian Jabatan di Polda Banten dari Kapolda Banten hingga 12 PJU, Ini Daftarnya

“Makanya tadi saya wanti-wanti dengan Ka Daop untuk penjagaan-penjagaan yang lebih baik atau jarak. Pada saat naik kereta api, itu harus dikawal dengan baik. Apa yang terjadi di sini saya pikir baik, saya apresiasi yang dilakukan oleh KAI dan oleh karena ini harus konsisten. Harus konsisten melakukan protokol kesehatan,” sambungnya.

Menhub Budi Karya Sumadi mengedukasi penumpang bis di Kampung Rambutan
cara menggunakan masker dengan benar. Budi juga membagi-bagikan masker kepada penumpang. (Istimewa)

Menurut Budi, dirinya berpesan kepada jajaran PT KAI agar tak hanya bisa memberangkatkan penumpang, melainkan memastikan mereka mematuhi protokol kesehatan agar tak terpapar COVID-19.

“Karena kalau kita bisa memberangkatkan mereka, tapi mereka terpapar maka kita tidak berhasil. Oleh karenanya kami tadi memberikan masker penumpang, sebagai suatu simbol bahwa kita care tentang itu,” ungkapnya.

BACA :  Apel Siaga Banten Ganyang Komunis Digelar Ahad Siang Ini di Alun-alun Serang Barat Dihadiri Ulama, Mahasiswa hingga Jawara

“Berkaitan dengan mudik kali ini, berjalan baik. Kemarin saya over view di Palimanan itu berlangsung dengan baik, hanya ada kemacetan KM 47 dan 57 dan kita membuat contra flow itu berjalan dengan baik,” lanjutnya.

Menhub juga mengimbau kepada jajaran Dishub dan Polri agar melakukan random check terhadap jumlah penumpang bis.

“Kalau mobil pribadi dicek apakah mereka menggunakan masker atau tidak,” imbaunya.

“Kemudian pada saat nanti pulang, seyogianya jangan tanggal 1 (November). Itu penuh sekali. saya harapkan pulang lebih awal,” pungkasnya. (Advertorial)



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler