Connect with us

Berita Terbaru

Gawat! Pabrik Sepatu di Cikupa Bakal Gulung Tikar, 1.800 Pegawai Terancam Nganggur

Published

on

Ilustrasi : 74 Perusahaan di Banten Tutup, 19 Ribu Karyawan di PHK (Foto. Freepik)

Tangerang – Gelombang pemutusan hubungan kerja (PHK) di wilayah Kabupaten Tangerang rupanya masih belum mereda. Teranyar, salah satu pabrik sepatu di Kecamatan Cikupa dikabarkan akan menutup aktivitasnya setelah dihantam pandemi Covid-19.

Informasi tersebut turut dibenarkan Kepala Seksi Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) Disnaker Kabupaten Tangerang Hendra. Ia mengatakan, manajemen perusahaan sudah memutuskan akan menutup pabrik lantaran tak mampu mengimbangi biaya operasional selama pandemi.

“Betul. Rencannya ada satu perusahaan yang bergerak di bidang alas kaki di Cikupa mau menutup pabriknya akhir bulan ini,” katanya kepada Bantenhits.com saat dihubungi melalui sambungan telepon seluler, Selasa 3 November 2020.

BACA :  Pegawai Dinsos Banten Dites Urine

Hendra menyebut, pabrik tersebut memiliki skala produksi yang cukup besar dengan total pegawai mencapai 1.800 orang. Ditambah, perusahaan ini juga mengeskpor barang produksinya ke luar negeri.

“Iyah, memang ini pabrik besar dan sudah lama di Kabupaten Tangerang. Jadi, karena mengalami kerugian dua tahun berturut-turut mereka sudah tidak kuat karena ordernya juga sudah tidak ada juga,” ujar Hendra.

Meskipun demikian, Hendra enggan menyebut secara rinci nama pabrik yang mau tutup itu. Ia hanya mengatakan bahwa perusahaan ini berbeda produksi dengan apparel kenamaan seperti produk Adidas hingga Nike.

“Intinya pabrik alas sepatu, tapi untuk mereknya saya lupa. Dia memang agak kurang terkenal karena bukan apparel, tapi dia ekspor ke luar juga,” tuturnya.

BACA :  Wanita Berkaos Palu Arit di Panimbang yang Bikin Geger Tak Tahu Lambang PKI

Editor: Fariz Abdullah



Rifat Alhamidi memulai karir sebagai jurnalis pada sejumlah media massa di Banten. Di masa kuliahnya, pria kelahiran Pandeglang ini dikenal sebagai aktivis mahasiswa. Dia memiliki ketertarikan pada dunia sosial dan politik.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler