Connect with us

Berita Terbaru

Tingkatkan Ekonomi UMKM di Tengah Pandemi, Wakil Kadin Banten Bangun Pojok Ikan

Published

on

Wakil Ketua Kadin Banten, Suherman Ghurrah Renrawijaya (BantenHits/Engkos Kosasih)

Serang – Tak bisa dipungkiri, pandemi Covid-19 yang sudah menginjak 8 bulan merusak sendi-sendi perekonomian industri menengah hingga besar. Apalagi kini, Indonesia resmi masuk ke jurang resesi ekonomi.

Wakil Ketua Kamar Dagang Industri (Kadin) Banten, Suherman Ghurrah Renrawijaya
mengatakan, pandemi yang berlangsung berbulan-bulan ini membuat ekonomi di Provinsi Banten turut melemah. Sehingga banyak pelaku usaha yang gulung tikar.

“Penyebab pertama daya beli masyarakat menurun, kedua pembatasan sosial, sehingga banyak pelaku usaha banyak kehilangan pasar,” kata pria yang kerap disapa Capung ini, Sabtu 7 November 2020.

Menurur Capung, bantuan dari pemerintah memang terasa membantu para pelaku usaha. Akan tetapi hal itu, tidak boleh dijadikan pengharapan utama, masyarakat harus tetap berjuang, tetap produktif dan inovatif.

BACA :  BRI Rangkasbitung Bagi-bagi Hadiah kepada Agen BRILink

Berangkat dari hal teraebut, Capung pun mendirikan Pojok Ikan di Jalan Kramatwatu – Waringin Kurung, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, Banten.

Pojok Ikan ini, menampung produk Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) yang dibuat oleh masyarakat Banten. Disini, sudah ada beberapa produk UMKM seperti,
Beras Cimanuk, Ikan Asin, Kopi MJ dari Kabupaten Pandeglang.

Ikan Lele, Ikan Mas dan Nila dari Baros, Kabupaten Serang, Telur dari Tangrang, Madu Lebah dari Kabupaten Lebak, Telur Asin dari Cilegon serta produk-produk lainnya.

“Berangkat dari dampak pandemi, analisa peluang dan potensi yang ada di Banten inilah yang membuat saya mendirikan Pojok Ikan dengan menyidiakan space untuk pelaku UMKM,” ujarnya.

BACA :  Era Kenormalan Baru, Traffic Light di Kota Cilegon Dipasang Starting Grid Ala Moto GP

Kader Partai Golkar ini mengaku, akan terus mencari potensi yang ada di Banten untuk dikembangkan dan membantu pemasaran produk UMKM. Ia berharap, dengan hadirnya Pojok Ikan dapat memberikan kontribusi bagi masyarakat.

“Semoga Pojok Ikan ini dapat membantu mengembangkangkan ekonomi masyarakat Banten dan membantu Pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang mandiri secara ekonomi,” pungkasnya.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler