Connect with us

Advertorial

Lahan Tidur “Disulap” Polda Metro Jaya di Jatiuwung, Kini Jadi Lahan Ketahanan Pangan untuk Warga Terdampak Covid-19

Published

on

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Nana Sudjana bersama Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin dan jajaran TNI-Polri saat memanen kangkung di lahan ketahanan pangan untuk warga terdampak Covid-19 di Kampung Ledug, Kelurahan Alam Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang.(Foto: tangerangkota.go.id)

Tangerang – Sejumlah komoditi hasil pertanian yang menjadi kebutuhan sehari-hari warga seperti sayur-sayuran, mampu diproduksi dari lumbung ketahanan pangan di Kampung Ledug, Kelurahan Alam Jaya, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang.

Lahan pertanian tersebut merupakan lahan tidur yang kemudian disulap Polda Metro Jaya menjadi lahan pertanian produktif yang dikelola masyarakat sekitar.

Gerakan Pemanfaatan Lahan Tidur pada Program Ketahanan Pangan Polda Metro Jaya guna menunjang ekonomi masyarakat terdampak Covid-19 dilakukan Kamis, 19 November 2020.

BACA :  Ratu Tatu Jalani Telekonferensi Fit and Proper Tes di PKB, Program Keagamaan Pemkab Serang Dipaparkan

Hadir dalam acara itu Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin; Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Drs. Nana Sudjana; Dandim 0506/Tangerang, Kolonel Inf. Bambang Hery Tugiyono; dan Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol. Sugeng Hariyanto serta jajaran Pemkot Tangerang dan TNI, Polri.

Dikutip BantenHits.com dari laman tangerangkota.go.id, Sachrudin menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Metro Jaya yang sudah membatu masyarakat Kota Tangerang dengan memberikan bantuan alat tani dan sembako yang di khususkan untuk para tani di kampung Ledug yang terdampak Covid19.

“Dengan adanya bantuan alat tani ini, semoga produktifitas para petani semakin meningkat,” ucap Sachrudin saat memberikan sambutan.

Sachrudin menjelaskan, merespon program pemerintah pusat, Pemerintah Kota Tangerang juga telah melakukan upaya dengan berbagai macam kegiatan terkait dengan program ketahanan pangan yang tersebar di tiga belas Kecamatan, guna menanggulangi dampak dari Covid-19.

BACA :  TBM IKRA Terima Program "Silang Layan" Buku dari DKP Provinsi Banten, Apa Itu?

“Hal ini disambut positif oleh masyarakat yang ditindaklanjuti dengan aksi berkebun, dengan memanfaatkan lahan perkarangan rumah,” jelasnya.

Selain itu, Pemerintah Kota Tangerang terus berusaha menekan penyebaran Covid-19 dengan melakukan operasi aman bersama, sekaligus sosialisasi penerapan protokol kesehatan, bersama Polri dan TNI.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Nana Sudjana dan jajaran saat menanam bibit lele di lahan ketahanan pangan untuk warga terdampak Covid-19. (Foto: tangerangkota.go.id)

Kapolda Metro Jaya, Irjen. Pol. Drs. Nana Sudjana mengatakan, Polri bersama TNI serta pemerintah daerah melakukan Gerakan Pemanfaatan Lahan yaitu memanfaatkan lahan tidur yang dijadikan lahan untuk bertani sebagai penunjang ekonomi bagi masyarakat yang terdampak Covid-19.

BACA :  Kan Bisa Video Conference? Kok Anggota DPRD Kota Serang Masih Gelar Rapat di Hotel Marbella Anyer saat Pandemi Corona Gini

“Ini adalah program pemerintah, yang harus direalisasikan, untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19,” tukas Kapolda.

Sebagai informasi, luas lahan tidur yang dimanfaatkan sebesar 10 hektar, kegiatan peresmian ini sekaligus melakukan penanaman Palawija dan tanaman produktif lainnya, dibagikan juga alat pertanian untuk bercocok tanam, penyebaran puluhan ribu benih ikan nila, serta dibagikan juga 1.000 paket sembako untuk masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.(Advertorial)



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler