Connect with us

Berita Terbaru

Lima Jurus Jitu Wali Kota Serang Pertahankan PAD Dimasa Pandemi Covid-19

Published

on

Wali Kota Serang Syafrudin saat menghadiri acara rapat paripurna tentang pandangan umum fraksi atas Raperda usul Walikota dan tanggapan/jawaban Walikota terhadap pandangan fraksi DPRD Kota Serang di gedung rapat paripurna DPRD Kota Serang. (BantenHits.com/Mahyadi)

Serang – Wali Kota Serang, Syafrudin memiliki lima langkah untuk mempertahankan Pendapatan Asli Daerah (PAD) agar tetap bertahan nilainya dimasa pandemi Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Serang saat menghadiri acara rapat paripurna tentang Pandangan Umum Fraksi Atas Raperda Usul Walikota dan Tanggapan/Jawaban Walikota Terhadap Pandangan Fraksi DPRD Kota Serang, di gedung rapat paripurna DPRD Kota Serang.

Diakuinya, memang sulit dimasa pandemi Covid-19 ini untuk mempertahankan PAD agar tidak turun, akan tetapi pihaknya berupaya untuk tidak menurun atau minimal tetap nilainya.

BACA :  Jenazah Terduga Teroris yang Tewas di Cilegon Tiba di RS Polri

Lima langkah itu diantaranya, intentifikasi terhadap sumber pendapatan sesuai dengan kewenangan atau potensi, pemanfaatan kekayaan daerah, peningkatan pengawasan, peningkatan pelayanan kepada masyarakat dan pemutakhiran data serta pemetaan potensi pendapatan daerah.

“Jadi lima langkah ini mungkin yang akan diupayakan. Kalau yang lainnya APBD kita ditahun 2021 ini saya kira tidak banyak berubah, akan tetapi ada penurunan. Baik dari bantuan pusat dan PAD,” kata Syafrudin kepada awak media, Selasa 24 November 2020.

Kemudian, tutur politisi PAN Banten itu, lima langkah tersebut BPKAD Kota Serang yang akan menjalankan. Sedangkan untuk target PAD Rp 250 miliar pada tahun ini.

“Tapi PAD yang sudah masuk pada tahun ini Rp 190 miliar. Jadi ada penurunan yang mudah-mudahan tahun 2021 ini kembali normal,” ujar Syafrudin.

BACA :  Ziarah ke Makam Sultan Maulana Hasanudin, Relawan Jokowi Berharap Perkokoh Persatuan dan Kesatuan

Editor: Mursyid Arifin 



Terpopuler