Connect with us

Berita Terbaru

1000 Personil TNI Bakal Diterjunkan di Pilkada 2020

Published

on

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy (kiri kedua), Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto (tengah), Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar (kanan kedua) menuju lapangan apel kesiagaan TNI-Polri-Pemda dalam rangka penanganan Pilkada serentak. (BantenHits.com/Mahyadi)

Serang – Demi menjaga keamanan, ketertiban dan kondusifitas dalam perhelatan Pilkada 2020 yang akan berlangsung di empat kabupaten/kota di Provinsi Banten. Meski begitu, Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menerjunkan sekitar 1000 personil.

Pangdam III Siliwangi, Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto mengatakan, dalam pelaksanaan Pilkada serentak 2020 untuk TNI khususnya di wilayah Banten akan menerjunkan sekitar 1000 personil.

Ia menyebutkan, 1000 personil TNI itu yang dikerahkan terdiri dari Kodim, satuan-satuan operasional seperti Batalyon 320 dan lain sebagainya.

BACA :  Jadi Bandar Togel, Lisbet Tampu Bolon Ditangkap Polisi

“Jadi kita sesuai dengan undang-undang yaitu di kita memberikan bantuan kepada pemuda untuk pelaksanaan Pilkada seperti ini, kita juga menurunkan personil kita sebanyak 1000 orang,” ujar Pangdam kepada awak media usai Apel Kesiangan TNI-Polri-Pemda dalam rangka Penanganan Pilkada Serentak, di Alun-alun Kota Serang, Rabu, 25 November 2020.

“Kemudian kita selain itu kita juga membantu kepada polisi sesuai dengan undang-undang yang ada,” sambungnya.

Dikatakan Pangdam, semua kegiatan disesuaikan dengan adaptasi kebiasaan baru (AKB). Menurutnya, AKB ini adalah menjaga protokol kesehatan Covid-19 misalnya, dalam suatu ruangan TPS biasanya berisi 100 namun saat ini hanya akan diisi oleh 40 hingga 50 persen.

“Supaya tetap menjaga protokol kesehatan intinya begitu untuk penyebarannya, ya tentunya disesuaikan dengan wilayahnya masing-masing. Di sini tadi seperti yang disampaikan oleh Pak Wagub (Andika Hazrumy, red) ada empat kabupaten/kota yang melaksanakan Pilkada disesuaikan dengan wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

BACA :  Heboh Pria Berseragam Ormas Leluasa Naik Kendaraan Dinas Wali Kota Cilegon; Dibukakan Pintu Bak Bos

Sementara Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengungkapkan, untuk pelaksanaan penegakan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 maka pemerintah daerah sudah membuat Pergub (Peraturan Gubernur) dan Perda (Peraturan Daerah) terkait prokes yang memang menjadi landasan hukum baik itu untuk pemerintah daerah maupun TNI dan polri.

“Untuk melakukan pendisiplinan kepada masyarakat, Perda juga di dalamnya mengatur penanganan kepada masyarakat dan sanksi, ini jelas untuk mengedukasi bagaimana kondisinya pada saat ini protokol kesehatan adalah menjadi salah satu yang paling utama sebelum vaksin itu ada,” ungkapnya.

Editor: Mursyid Arifin 



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler