Cerita Shaomai Mang Kudhil yang Lagi Hits di Tangerang, Bertahan dari Gelombang Pandemi COVID-19 dengan Aplikasi

Date:

Yudhi, owner Shaomai Mang Kudil menunjukan siomai yang dijualnya. Tukang siomai di Tangerang ini tengah hits di Tangerang. (Foto: tangerangkota.go.id)

Tangerang – Yudhi, tak pernah menyangka ujian besar dalam dunia bisnisnya ternyata lebih cepat tiba dari yang dia perkirakan.

Bayangkan, Februari 2020 dia baru merintis usaha siomai di Jalan Moh. Toha, No 46, Kelurahan Periuk Jaya, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

Sebulan kemudian, “gelombang besar” bernama Pandemi COVID-19 yang sebelumnya hanya terjadi di Wuhan, China, kemudian melanda dunia hingga akhirnya tiba di Indonesia.

Pandemi COVID-19 ini tak hanya berimbas pada dunia kesehatan, tapi hampir seluruh sendi-sendi kehidupan. Industri besar banyak yang gulung tikar, hingga PHK pun terjadi besar-besaran.

Lalu bagaimana nasib bisnis siomai yang baru digeluti Yudhi?

Ternyata, takdir Allah menetapkan bisnis Yudhi harus tetap tegak berdiri meski Pandemi telah membuat rontok dunia bisnis di sana-sini.

Dikutip BantenHits.com dari laman tangerangkota.go.id, hingga kini brand milik Yudhi yaitu Shaomai Mang kudil telah memiliki enam gerobak, dengan berbagai varian rasa serta harga yang terjangkau.

Menggunakan bahan baku pilihan, tempat dan gerobak yang bersih, serta resep tradisional, menjadikan siomai buatannya dapat meraup untung puluhan juta rupiah perbulannya.

“Siomai inikan makanan yang memang sering kita jumpai ya di mana-mana, dan emang saya juga gemar sekali makan siomai, jadi kenapa engga coba buat. Untuk bahan, memang saya sengaja pilih ikan yang bagus dan sayuran yang segar agar citarasanya semakin enak,” kata Pemilik Shaomai Mang Kudil, Yudhi.

“Dari awal buka (sebelum corona) alhamdulillah penjualan bagus, ya walau sempet turun sih di awal pandemi, cuma alhamdulillah semakin ke sini makin bagus. Malah setiap bulannya bisa mencapai puluhan juta untuk hasil penjualan,” lanjutnya.

Tergabung dalam komunitas UMKM Cup Bestari, turut mempermudah baginya untuk mengurus berbagai kelengkapan usahanya. Selain itu, ia juga aktif mengikuti berbagai pelatihan UMKM yang diberikan oleh Dinas Perindakop UKM Kota Tangerang.

“Semenjak bergabung dengan Komunitas UMKM Cup Bestari, jadi ada keluarga baru dan mentor-mentor baru yang membantu saya untuk mengurus izin usaha hingga ikut pelatihan secara gratis,” tutur Yudhi.

Selain membuka kios di Jalan Moh. Toha, No 46 Kelurahan Periuk Jaya, Kecamatan Periuk Kota Tangerang, Shaomai Mang Kudil juga telah tergabung dalam aplikasi online food.

“Yang mau icip, boleh dateng langsung ke kios kami, atau beli di gofood, grabfood atau whatsapp ke nomor 0878-7606-0404,” pungkasnya.(Advertorial)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulai Sekarang Jangan Hanya Biasakan Buang Sampah pada Tempatnya, Tapi Simpan Sampah Sesuai Kategorinya!

Berita Tangerang - Mindset masyarakat soal sampah harus diubah....

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...