Connect with us

Berita Terbaru

Musim Hujan, Warga Lebak Diminta Waspada Penyakit Leptospirosis

Published

on

Ilustrasi Hujan

Ilustrasi Hujan Lebat. (FOTO Tribunnews)

Lebak- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak mengimbau meminta masyarakat untuk tetap waspada terhadap berbagai macam penyakit.

Alasannya, karena saat ini Kabupaten Lebak tengah memasuki musim penghujan.

“Berbagai macam penyakit karena bakteri dan virus. Penyakit-penyakit yang disebabkan karena lingkungan, karena ada genangan air yang harus diwaspadai,”kata Kabid Pemberantasan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Lebak, dr Firman Rahmatullah kepada awak media, Senin, 30 November 2020.

Berbagai macam penyakit mengintai saat musim penghujan salah satunya penyakit Leptospirosis.

Leptospirosis disebabkan oleh bakteri leptospira melalui urine atau darah hewan yang terinfeksi. Salah satu hewan yang menularkan Leptospirosis adalah tikus.

BACA :  Ada Paku dan Papan di Lokasi Balon yang Meledak di Lebak

“Memang belum pernah ada laporan dari rumah sakit kita ada pasien terkena penyakit ini, walaupun begitu saat musim hujan seperti ini patut diwaspadai,”terangnya.

Untuk mencegah penyakit Leptospirosis, ujar Firman, masyarakat sebisa mungkin menghindari genangan air kotor, sesering mungkin mencuci tubuh dengan sabun setelah menyentuh air. Lebih yang harus diwaspadai adalah jika kulit dalam kondisi terluka.

“Kalau kulit dalam keadaan terluka itu yang lebih harus diwaspadai. Makanya kenapa ketika banjir harus dievakuasi, karena itu menghindari macam-macam penyakit,” terang Firman.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler