Connect with us

Berita Terbaru

Warga Pandeglang Selatan Desak Pemerintah Pusat Cabut Moratorium Pemekaran DOB

Published

on

Foto Ilustrasi Pemekaran Daerah Otonomi Baru (Istimewa)

Pandeglang – Rencana pemekaran daerah otonomi baru (DOB), seperti Kabupaten Cibaliung di Kabupaten Pandeglang, Banten, belum mendapat restu dari pemerintah pusat.

Padahal, mayoritas masyarakat yang tinggal di dua wilayah tersebut menginginkan adanya pemekaran wilayah agar pemeraraan pembangunan di Provinsi Banten dapat terpenuhi.

Zona wilayah Kabupaten Cibaliung meliputi delapan Kecamatan, seperti Kecamatan Panimbang, Sobang, Cigeulis, Cikeusik, Cibaliung, Cimanggu, Cibitung dan Sumur.

Ketua II Badan Koordinasi Percepatan Pembentukan Kabupaten Cibaliung (Bakor P2KC), H. Sahri mengatakan, dorongan dari masyarakat untuk pemekaran wilayah Kabupaten Cibaliung dari tahun 2003.

“Kita usaha sudah hampir maksimal, (Pemekaran Cibaliung) posisi sekarang gulirannya ada di pemetintah pusat. Tinggal moratorium dicabut dan dilakukan pembahasan oleh DPR,” katanya, Senin 30 November 2020.

BACA :  Dear, Buruh: Aksi Boleh Tapi Pliss Jangan Rusuh! Kasian Kan Kalau Gini Jadinya

Sahri menyebut, Kabupaten Cibaliung sudah layak menjadi DOB. Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) di wilayah Kabupaten Cibaliung sangat cukup.

Sehingga ia berkeyakinan, saat pembentukan Kabupaten Cibaliung terelaisasi tak butuh waktu lama untuk menyusul Kabupaten lain yang ada di Provinsi Banten.

“SDM di Kabupaten Cibaliung banyak, ada ribuan sarjana. SDA banyak tambang emas ada di sini, pantai banyak di sini, daerah industri juga ada di sini. Jadi saya yakin, tidak butuh waktu lama untuk menyusul Kabupaten lain,” tutupnya.

Sementara Ketua I Bakor P2KC, H. Ade Asnawi memastikan, tokoh masyarakat di delapan Kecamatan masih tetap solid untuk mendorong DOB Cibaliung.

BACA :  Tetap di Rumah Kalau Tak Ada Keperluan Mendesak! Pengurangan Mobilitas saat Libur Panjang Potensial Turunkan Kasus Covid-19

Bahkan kata Ade, tokoh masyarakat juga sudah menyampaikan aspirasinya kepada Anggota DPR RI, Achmad Dimyati Natakusuma agar dapat mendorong pemerintah pusat mencabut moratorium dan membuat peraturan presiden (Perpres).

“Kami beserta tokoh masyarakat di delapan Kecamatan masih tetap solid untuk mendorong pemekaran itu. Pak Dimyati kemarin memberikan angin segar untuk pemekaran ini,” pungkasnya.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler