Connect with us

Berita Terbaru

Gudang Logistik KPU Kabupaten Serang Dijaga Ketat Aparat Kepolisian, Ada Apa?

Published

on

Petugas kepolisian saat diberikan pengarahan sebelum melaksanakan penjagaan pelipatan dan penyortiran surat suara di Gudang Logistik KPU Kabupaten Serang. (BantenHits.com/Mursyid Arifin)

Serang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang menggandeng Polres Serang Kota untuk melakukan pengamanan dan penjagaan di Gudang Logistik KPU Kabupaten Serang, yang berlokasi di Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten.

Tujuannya, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama berlangsungnya proses pelipatan dan penyortiran surat suara Pemilukada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Serang periode 2021-2026.

Kapolres Serang Kota, AKBP Yunus Hadith Pranoto mengatakan, langkah antisipasi sudah dilakukan dengan menyiagakan personil untuk melaksanakan pengawasan dan penjagaan pelipatan surat suara di Gudang Logistik KPU Kabupaten Serang.

BACA :  Pemkot Tangsel Gandeng PPD Operasikan Trans Anggrek 

“Hal itu dilakukan guna antisipasi adanya kecurangan atau gangguan lain yang dapat menghambat pesta demokrasi,” kata AKBP Yunus saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 2 Desember 2020.

AKBP Yunus menjelaskan, sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) sebelum memulai pelipatan surat suara, anggota polisi yang bertugas harus memeriksa secara detail setiap petugas yang terlibat menjadi tenaga pelipatan surat suara tersebut.

“Kami juga menempatkan personil Polisi Wanita (Polwan) untuk melakukan pemeriksaan terhadap petugas wanita sebelum dan sesudah melaksanakan pelipatan surat suara. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi,” jelasnya.

“Polwan juga kami tugaskan khusus untuk melakukan pemeriksaan kepada petugas wanitanya, agar pemeriksaan lebih maksimal,” ungkapnya,” kata dia menambahkan.

BACA :  Gedung Nyaris Ambruk, Begini Pelaksanaan UAS di SDN 2 Tambak Lebak

Terkait metode pengamanan, kata AKBP Yunus, dilakukan dari tahap awal yaitu sterilisasi dengan mengacu pada protokol kesehatan Covid-19 dan dilanjutkan pemeriksaan tenaga pelipatan.

Kemudian, pemeriksaan dimulai dari petugas pelipat memasuki tempat (gudang, red) hingga meninggalkan tempat pelipatan terakhir, lalu surat suara tersebut diamankan oleh petugas KPU dan tetap diawasi petugas kepolisian.

“Pengamanan ini wajib kami lakukan untuk menjaga Pemilukada serentak 2020 berjalan dengan lancar, aman, damai dan sejuk,” ujarnya.

Editor: Fariz Abdullah 



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler