Connect with us

Berita Terbaru

Ratusan Rumah Warga di Cipocok Jaya Terendah Banjir; Tertinggi Sampai 2 Meter

Published

on

Warga Perumahan Citra Gading Kecamatan Cipocok Jaya Kota Serang terendam banjir. (BantenHits.com/Mahyadi)

Serang – Ratusan rumah warga di Perumahan Citra Gading, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten terendam banjir akibat hujan lebat yang terjadi sejak Rabu malam hingga Kamis pagi, 3 Desember 2020.

Banjir diduga akibat adanya luapan kali di sekitar lokasi yang meluap tidak kuat menampung volume air hujan, sehingga air masuk ke pemukiman warga.

“Kalau mulai naik volume airnya ini mulai dari subuh, sekitar pukul 4.30 WIB. Tapi untuk hujannya sudah dari kemarin,” kata Hadit (39) salah satu warga Perumahan Citra Gading kepada wartawan.

Ia mengatakan selain akibat diguyur hujan, banjir tersebut juga disebabkan akibat meluapnya aliran kali yang tidak bisa menampung. Akibatnya aliran air kali itu masuk ke wilayah perumahan.

BACA :  Telan Anggaran Rp2,6 M, Ruas Jalan Menuju Wisata Budaya Baduy Dalam Mulus

“Kemungkinan air ini dari aliran kali dari Kecamatan Baros, soalnya saya lihat airnya itu meluap sangat besar dan tanggulnya juga tidak kuat menahan itu,” imbuhnya.

Hadit mengungkapkan bahwa bajir tersebut sudah merendam sekitar 120 rumah warga di tiga blok yang ada di Perumahan Citra Gading. Namun yang paling parah terendam itu di blok Z, hingga ketinggian airnya mencapai sekitar 2 meter.

“Yang terendam ada sekitar 120 lebih, dan itu di tiga blok aja yang terendam. Tapi yang paling parah ada di blok Z tingginya sampai 2 meter,” ungkapnya.

Kendati demikian, dirinya berharap kepada Pemerintah kota (Pemkot) Serang segera memberi bantuan tenda untuk mengevakuasi warga yang terendam serta agar memperbaiki saluran kali, karena selama ini menjadi penyebab terjadinya banjir.

BACA :  Terkuak, Pembunuhan di BTN Mandala Didasari Sakit Hati

“Saya berharap sih, pemerintah setempat untuk segera meperbaiki aliran kali itu, karena selama ini penyebab bajir ya dari situ. Dan setiap tahunya pasti saja terjadi banjir,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Serang, Diat Hermawan menjelaskan, ada sekitar 103 Kepala Keluarga (KK) yang terendam banjir.

“Sekitar 103 KK, tetapi data itu belum semua. Hanya itu saja yang lain petugas sudah monitoring,” ucapnya.

Ia menuturkan, jika banjir di wilayah Kecamatan Cipocok Jaya tersebut harus diwaspadai, mengingat karena aliran air kemungkinan bisa lebih tinggi dan mengakibatkan bajir di Sawah Luhur, Kasemen, Kota Serang.

“Kemungkinan siang ini air sudah sampai di wilayah Sawah Luhur, dan ini harus diwaspadai,” tutur Diat.

BACA :  Syafrudin Targetkan Pembangunan di Kota Serang Tuntas dalam Empat Tahun

Editor: Mursyid Arifin



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler