Connect with us

Berita Terbaru

38 Rumah Warga Desa Nagara Kab. Serang Rusak Akibat Banjir dan Tanggul Jebol

Published

on

FOTO ILUSTRASI Banjir merendam dua desa di Kecamatan Banjarsari. (Istimewa)

Serang – Sebanyak 38 rumah milik warga Kampung Sindang, Desa Nagara, Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Banten rusak terendam banjir akibat intensitas curah hujan yang tinggi dan luapan sungai naik sehingga air meluap ke permukiman warga sekitar.

Selain intensitas curah hujan yang tinggi, diduga kuat akibat tanggul jebol dan wilayah geografis yang berada di dataran rendah.

Dari informasi yang bersumber dari facebook milik BPBD Kabupaten Serang, kejadian tersebut pada Kamis sore, 3 Desember 2020 sekitar pukul 17:10 WIB.

Namun hingga pukul 21:50 WIB ketinggian akhir di permukiman warga mencapai sekitar 20 – 40 centimeter (Cm). Sementara ketinggian air di lahan dan pesawahan mencapai 80 – 100 Cm.

BACA :  Doni Monardo Tiba-tiba Ajak Warga Hindari Acara Makan Bersama usai Terkonfirmasi Covid-19, Ada Apa?

Saat ini, di lokasi kejadian sudah ditangani dari BPBD, Dinas PUPR Kabupaten Serang, unsur Muspika Kecamatan Kibin, Pemerintah Desa, PMI, Tagana, Rapi, IEA, dan dibantu masyarakat setempat.

Saat dikonfirmasi wartawan BantenHits.com, Koordinator Crisis Center Pusdalops BPBD Kabupaten Serang, Jhoni Efendi belum memberikan keterangan terkait kejadian ini.

Namun sebelumnya, pihak BPBD sudah mencoba melakukan pantauan Daerah Aliran Sungai (DAS)  Ciujung dan Cidurian. Menurut Jhoni, hal itu berhubungan dengan air hulu karena jika hujan lebat pastinya titik koordinat akan naik.

“Statusnya semuanya siaga satu. Ada kemungkinan dari hulu, kalau misalkan terus-terusan hujan itu ada kemungkinan akan terima imbas luapan. Tapi mudah-mudahan sih tidak,” ujar Jhoni.

BACA :  Dukungan Orang Dekat Sangat Berpengaruh untuk Kesembuhan Pasien Covid-19

Editor: Fariz Abdullah



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler