Aksi Kolaboratif Warga “Kampung Pink” Wujudkan Kepedulian Sosial di Masa Pandemi COVID-19

Date:

Aksi kolaboratif warga “Kampung Pink” mewujudkan kepedulian sosial di masa pandemi COVID-19 lewat bedah rumah warga miskin. (Foto: tangerangkota.go.id)

Tangerang – Pandemi tak menyurutkan aksi sosial masyarakat Kampung Rumah Kita yang dikenal dengan sebutan Kampung Pink, RW 09, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang.

Minggu sore, 13 Desember 2020, warga menggelar aksi sosial berupa kegiatan bedah rumah warga melalui swadaya masyarakat sebagai implementasi kemandirian masyarakat serta menjadi misi kemanusiaan dalam bermasyarakat.

“Kemandirian masyarakat timbul karena adanya kepedulian antar masyarakat di kampung ini,” ujar Ibnu Jandi selaku inisiator Kampung Rumah Kita seperti dikutip BantenHits.com dari laman tangerangkota.go.id.

Tak hanya satu rumah, kegiatan ini, tak menutup kemungkinan akan dilakukan di rumah lainnya jika ditemukan rumah yang memang layak dilakukan perbaikan.

“Berikutnya akan ada lagi rumah yang dibedah, sehingga perbaikan tersebut dapat juga merubah perilaku masyarakat jadi lebih baik lagi dan tentunya semakin menumbuhkan kepedulian terhadap sesama,” tambah Jandi, seraya mengucapkan terima kasih atas segala bantuan berbagai pihak.

Kegiatan ini, juga tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang selama ini telah berkolaborasi dengan masyarakat atau penggiat kampung untuk terus menumbuhkan kreativitas serta kemandirian warga dalam mengelola kampungnya.

Dengan demikian, meski masih di tengah pandemi Covid-19, diharapkan dapat terus terbangun kepedulian dan saling bahu-membahu dalam membantu sesama.

“Kami, Pemkot Tangerang, sangat mengapresiasi kegiatan kepedulian masyarakat untuk saling membantu, untuk melakukan penataan lingkungan. Salah satunya melalui bedah rumah. Apapun hal yang positif dan bermanfaat, tentu kami dukung,” tutup Kepala Bappeda Sugiharto Achmad Bagdja.

Sementara itu, pemilik rumah pun menyambut dengan dibedahnya rumah miliknya di Jalan Meteorologi RT 1 RW 9 ini.

“Sangat berterima kasih dengan kepedulian masyarakat setempat, penggiat kampung dan Pemkot, karena rumah saya yang rusak telah diperbaiki,” jelas Siti Masitoh, Pemilik Rumah.

Adapun bedah rumah yang telah dilakukan oleh Pemkot Tangerang yaitu sebanyak 5479 rumah. Di mana ke depannya akan tetap dilakukan jika ada usulan warga dan memenuhi persyaratan untuk dibedah, seperti bagi masyarakat berpenghasilan rendah (dibawah UMR), tanah milik sendiri, tidak mempunyai aset (rumah/tanah) lagi. (ADVERTORIAL)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...