Duh, Lebih Dari 20 OPD di Pemprov Banten Kurang Informatif

Date:

Ketua Komisi Informasi Banten Hilman menyebut lebih dari 20 OPD di lingkungan Pemprov Banten kurang informatif. (BantenHits.com/Tolib)

Serang – Komisi Informasi (KI) Provinsi Banten telah melalukan monitoring dan evaluasi (monev) di tahun 2020. Alhasil, lebih dari 50 persen Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten yang dinyatakan kurang Informatif.

Padahal, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten meraih Kategori Informatif pada Anugerah Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Republik Indonesia Tahun 2020.

Anugerah itu diterima oleh Gubernur Banten Wahidin Halim yang diserahkan secara virtual oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin pada Rabu, 25 November 2020.

Ketua KI Provinsi Banten, Hilman mengatakan, hasil dari monev yang dilakukan masih banyak OPD yang harus meningkatkan keterbukaan informasi kepada publik.

Hilman menyebutkan, dari 41 OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten, setidaknya lebih dari 20 OPD yang kurang informatif.

“Mayoritas OPD itu masih dibawah cukup, kurang informatif, secara kuantitas di atas 20 OPD yang di bawah cukup informatif, lebih 50 persen masih kurang informatif,” kata Hilman, Kamis, 17 Desember 2020.

Saat ditanya terkait dengan OPD yang sangat Kurang Informatif, sayangnya Hilman belum bisa menyebutkan karena harus membuka data terlebih dahulu.

“Kalau KI Banten melihat dari OPD-OPD, saya harus buka data (OPD yang sangat kurang informatif), jelas ada yang kurang informatif,” ujarnya.

Terkait dengan penghargaan KI kepada Pemprov Banten, Hilman mengaku KI Pusat dengan KI Banten berbeda dalam melakukan monev. KI pusat, kata Hilman, instrumen terhadap PPID utama yang ada di Dinas Kominfo.

“Kalau penghargaan KI pusat itu konteksnya lain, KI pusat instrumen PPID utama, kalau di Banten di bawah komando Dinas Kominfo, yang dilihat KI pusat itu secara umum di wilayah itu,” paparnya.

Editor: Mursyid Arifin

Author

  • Mursyid Arifin

    Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Mulai Sekarang Jangan Hanya Biasakan Buang Sampah pada Tempatnya, Tapi Simpan Sampah Sesuai Kategorinya!

Berita Tangerang - Mindset masyarakat soal sampah harus diubah....

Pemkab Serang Gelar Razia KTP bagi Pendatang Baru 29 April – 5 Mei 2024

Berita Serang - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Serang melalui...

Kalian Pendatang Baru di Kota Tangerang dan Ingin Urus Pindah Domisili? Simak Info Resmi Ini!

Berita Tangerang - Buat kalian warga pendatang baru di...

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...