Connect with us

Berita Terbaru

Ketahuan Mau Dipakai ‘Asik-asik’ saat Tahun Baru, 57 Kilogram Ganja dan 9 Kilogram Sabu Dimusnahkan BNN Banten

Published

on

BNN Provinsi Banten saat memusnahkan barang haram ganja dan sabu hasil sitaan. (BantenHits.com/Mahyadi)

Serang – Bandan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Banten memusnahkan barang bukti (BB) 57 kilogram (Kg) narkotika jenis ganja dan 9 kilogram sabu-sabu dari hasil penangkapan pada tanggal 17 November 2020 di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten.

Kepala BNNP Banten, Kombes Pol Hendri Marpaung mengatakan, pemusnahan tersebut dilakukan dengan cara dibakar untuk jenis ganja. Sedangkan untuk jenis sabu di masukan dalam air mendidih.

Dalam kasus ini, enam orang tersangka berhasil diamankan berinisial RA (30), AB (38) asal Bandar Lampung, AP (33) warga Jawa Tengah dan NR (21), DB (28), SS (23) asal Jakarta.

BACA :  Pulang dengan Baju Robek, Siswi SMA di Kota Serang Ungkap Perlakuan Mantan Pacar

Hendri Marpaung menjelaskan, kasus ini berawal adanya informasi masyarakat yang menyatakan akan adanya pengiriman barang terlarang jenis ganja menggunakan bus dari Lampung menyebrang ke Labuan Merak, yang rencananya barang terlarang tersebut akan dikirim ke DKI Jakarta.

Dari keenam pelaku yang diamanakan, tiga diantaranya sebagai kurir yang bertugas menyembunyikan barang haram jenis ganja ke dalam bagasi kendaraan angkutan umum jenis mikrobus dengan nomor polisi (Nopol) B-758-YZ.

Sedangkan untuk tiga pelaku lainya berperan sebagai pemilik, yang rencananya akan menjemput tersangka RA, AB dan AP di wilayah Cakung, Jakarta Timur.

“Setelah diintrogasi bahwa ganja ini akan diserahkan kepada tersangka NR, BD dan SS yang sedang menunggu di Cakung Jakarta Timur,” katanya kepada awak media, Jum’at, 18 Desember 2020.

BACA :  Dua Pengedar Sabu di Lebak Dibekuk Polisi

Adapun barang bukti yang diamankan terdiri dari, satu unit kendaraan umum jenis Mikrobus merek Mitsubishi dengan Nopol B-758-YZ, satu unit kendaraan Toyota Avansa dengan Nopol B-2305-HH beserta satu lembar STNK, enam buah handphone beserta SIM Card, dua buah kartu ATM, lima KTP dan satu buah SIM serta ganja seberat 57 kilogram.

Sedangkan untuk pengungkapan 9 kilogram sabu-sabu tersebut, kata Hendri, dilakukan oleh petugas Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Tangerang.

“Kemudian setelah kita melakukan pendalaman dan melakukan penangkapan di salah satu parkiran di SPBU di wilayah Jalan Mogot, Jakarta Barat yang berbatasan langsung dengan Tangerang Kota,” ujarnya.

Kemudian, dari hasil penangkapanya tersebut petugas BNN melakukan pengembangan dan berhasil menangkap dua tersangka.

BACA :  Berhenti Jadi Sekda, Dudung E. Diredja Jabat Ketua Dekopinda

“Selanjutnya kita melakukan pengejaran lagi terhadap pembelinya dengan barang bukti seberat 4 kilogram, dan kemudian kita amankan lagi barang bukti seberat 5 kilogram di kosan-kosannya,” jelas Hendri.

Ia menuturkan, dari pengakuan para pelaku bahwa sabu tersebut akan digunakan untuk pesta pada perayaan tahun baru 2021.

Atas perbuatannya itu, kini para pelaku terancam pasal 114 ayat (1), 112 ayat (1) (2), pasal 132 tentang Narkotika dengan ancaman minimal 4 tahun penjara, dan maksimal 20 tahun hingga hukuman mati.

Editor: Mursyid Arifin



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler