Tanah Longsor Rusak Fasilitas Desa dan Rumah Warga Pandeglang

Date:

Kondisi Pagar Kantor Desa Kananga, Kecamatan Menes, Pandeglang yang Ambruk Akibat Tanah Longsor. (ISTIMEWA)

Pandeglang – Bencana alam berupa tanah longsor melanda Desa Kananga, Kecamatan Menes, Pandeglang, Banten. Musibah itu terjadi menyusul hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi pada Minggu 20 Desember 2020 kemarin.

Akibatnya, bangunan pagar dengan panjang sekitar 18 meter milik kantor Kepala Desa (Kades) Kananga ambruk. Selain itu juga, dinding rumah milik Hasyim (80) warga sekitar mengalami hal yang sama.

Hasyim mengatakan, saat kejadian terdengar suara gemuruh tanah yang bergerak menjebolkan dinding dapur rumah. Sehingga tanah dan satu batang pohon masuk ke dapur.

“Saya terkejut mendengar kejadian yang terdengar bergemuruh. Sampai-sampai dinding dapur hancur dan hmpir semua peralatan dapur juga rusak dan pecah,” kata Hasyim, Senin 21 Desember 2020.

Sementara Kades Kananga, Ofa Sofa Jamzami mengaku, khawatir tanah longsor semakin meluas dan menghancurkan kantor Desa. Memgingat, posisi kantor Desa Kananga berada di dataran tinggi.

“Sekarang kondisi gedung kantor ini menghawatirkan,” ungkapnya.

Meski demikian, Ofa bersyukur kejadian tanah longsor itu tak memakan korban jiwa. Ia juga langsung melaporkan insiden itu ke DPMPD Pandeglang.

“Alhamdulilah korban jiwa tidak ada. Pagar itu harus dibangun lagi dari nol, karena hampir semua bangunan pagar ambruk,” pungkasnya.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...

Yuk Serbu! Ada Pameran Buku Murah 17 April -17 Mei 2024 di Mal Ciputra Citra Raya

Berita Tangerang - Kabar baik bagi para pecinta buku....