Antisipasi Penyebaran COVID-19 Menjelang Natal dan Tahun Baru, Bupati Tangerang Keluarkan Empat Instruksi

Date:

Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar memimpin rapat koordinasi menjelang libur Natal dan tahun baru. Zaki mengeluarkan empat instruksi untuk mencegah penyebaran COVID-19 selama liburan. (Foto: tangerangkab.go.id)

Tangerang – Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar memimpin rapat koordinasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang, Selasa, 22 Maret 2020. Rapat digelar di Ruang Cituis untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19 menjelang Natal dan Tahun baru 2021.

Dikutip BantenHits.com dari laman tangerangkab.go.id, rapat yang digelar secara virtual tersebut mengundang seluruh rumah sakit daerah dan swasta, puskesmas se-Kabupaten Tangerang dan juga camat se-Kabupaten Tangerang untuk mengantisipasi adanya penyebaran dan lonjakan penyebaran COVID-19 menjelang dan pasca Natal dan Tahun Baru.

“Ruang perawatan Rumah Sakit semuanya dalam kondisi sudah hampir penuh jadi direktur Rumah Sakit juga Kepala Puskesmas ini tentu saja menjadi perhatian kita semua, apabila ditemukan pasien COVID-19 yang memiliki gejala dan juga penyakit bawaan yang membutuhkan rumah sakit ini wajib memiliki database, sekarang ini tentu saja dalam kondisi antrian,” kata Zaki.

Menurutnya, sudah menjadi tugas dan kewajiban para camat dan kepala puskesmas apabila masyarakat yang isolasi mandiri untuk secara reguler dipantau dan juga dirawat, di rumahnya masing-masing ini benar-benar dapat kita jaga.

“Ya kita berharap maupun yang dirawat itu sesegera mungkin bisa sembuh ataupun bisa kembali negatif seperti sedia kala,” ucapnya.

Lanjut Bupati, untuk langkah pada saat Natal maupun Tahun Baru kami Pemerintah Daerah sudah mengeluarkan Peraturan Bupati mengenai pelaksanaan natal yang ada di Kab. Tangerang dan pelarangan pelaksanaan perayaan tahun baru di Kabupaten Tangerang dalam bentuk apapun.

“Agar diinformasikan dan disosialisasikan kepada masyarakat tidak ada perayaan tahun baru dalam bentuk apapun, apalagi di tempat umum, agar nanti kita benar-benar bisa mereduksi dan juga menekan angka penyebaran kemudian yang pertama terus kita sosialisasikan dalam setiap kegiatan maupun aktivitas yang menyangkut kegiatan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Tangerang mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh tenaga medis yang ada di Kabupaten Tangerang termasuk para pendukung tenaga medis.

Bupati juga meminta camat agar memberikan laporan terhadap perkembangan penyebaran di awasannya masing-masing Kecamatan.

Di sela-sela acara tersebut Bupati Zaki mengatakan, Pemkab Tangerang mengeluarkan langkah-langkah antisipasi penyebaran COVID-19, yakni;

1. Tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan.

2. Dalam rangka libur Natal dan Tahun Baru diimbau kepada masyarakat untuk tidak melaksanakan liburan ke wilayah yang tingkat penyebaran COVID-19 nya tinggi dan mengutamakan untuk tidak mudik.

3. tidak mengadakan kegiatan rapat atau kegiatan lain yang menimbulkan kerumunan lebih dari 30 orang.

4. menunda pelonggaran terhadap beberapa usaha pariwisata dikarenakan kondisi kasus COVID-19 masih tinggi.

Sementara itu Hery Haryanto selaku Ketua Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang mengatakan, berapa bulan ini Kabupaten Tangerang Zona Orange.

“Kita ketahui bahwa besok lusa akan ada libur panjang Natal dan Tahun Baru dan kita mencoba untuk mengantisipasi itu karena berkaca dari pengalaman libur tahun yang lalu dengan libur panjang ada lonjakan yang cukup tinggi terhadap peningkatan kasus dan kita mencoba melakukan pencegahan,” jelasnya.

“Karena itu hari ini kita adakan evaluasi secara keseluruhan, dan juga kapasitas dari Rumah Sakit dan Hotel Singgah Yasmin dan program yang akan kita siapkan untuk merespon liburan panjang Natal dan tahun baru,” tutupnya. (ADVERTORIAL)

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pemkot Banjir Aduan, Skenario Penataan Pasar Sipon Segera Disiapkan

Berita Tangerang - Skenario penataan Pasar Sipon yang berlokasi...

Yuk Serbu! Ada Pameran Buku Murah 17 April -17 Mei 2024 di Mal Ciputra Citra Raya

Berita Tangerang - Kabar baik bagi para pecinta buku....