Harga Cabai Merah di Pasar Tradisional Serang Tembus Rp80.000

Date:

Komoditas Cabai
FOTO ILUSTRASI Harga sejumlah komoditas di Pasar Rangkasbitung mulai turun. (Dok. BantenHits.com)

Serang – Menjelang pergantian tahun 2021, harga kebutuhan pokok seperti cabai merah mengalami lonjakan harga di pasar tradisional di Kabupaten Serang sekitar 14 persen atau Rp10 ribu perkilogramnya.

Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoprindag) Kabupaten Serang mencatat, pertanggal 29 Desember 2020 harga cabai merah di pasar tradisional mencapai Rp80 ribu, yang sebelumnya Rp70 ribu. Artinya mengalami kenaikan sebesar Rp10 ribu per kilogramnya.

“Yang mengalami kenaikan harga hari ini (Selasa, 29 Desember 2020) cabai merah dari Rp70 ribu naik Rp10 (jadi Rp80 ribu, red). Itu di semua pasar tradisional,” kata Kabid Perdagangan pada Diskoperindag Kabupaten Serang, Tohiri saat ditemui di kantornya, Selasa, 29 Desember 2020.

Sementara, lanjut Tohiri, harga cabai merah keriting, cabai merah besar biasa dan cabai rawit hijau mengalami penurunan sebesar Rp5 ribu atau 8 persen dari harga Rp60 ribu menjadi Rp55 ribu per kilogramnya.

“Harga cabai rawit keriting turun dari harga Rp60 ribu menjadi Rp55 ribu. Cabai rawit biasa Rp55 ribu harganya dari Rp60 ribu turun Rp5 ribu. Cabai rawit hijau juga Rp60 ribu menjadi turun Rp5 ribu,” ungkapnya.

Menurut Tohiri, kenaikan harga cabai merah tersebut disebabkan karena faktor hujan dipenghujung akhir tahun.

“Jaid itu mah rutin, tiap tahun kalau cabai ya,” jelasnya.

Selain itu, Tohiri juga mengklaim bahwa berdasarkan hasil prediksi Diskoperindag setempat pada malam pergantian tahun baru 2020 tidak akan adanya lonjakan harga.

“Kalau pun ada di distribusi aja. Langkah yang sudah diambil melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Banten,” pungkas dia.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...