Connect with us

Berita Terbaru

Harga Cabai Merah di Pasar Tradisional Serang Tembus Rp80.000

Published

on

Komoditas Cabai

FOTO ILUSTRASI Harga sejumlah komoditas di Pasar Rangkasbitung mulai turun. (Dok. BantenHits.com)

Serang – Menjelang pergantian tahun 2021, harga kebutuhan pokok seperti cabai merah mengalami lonjakan harga di pasar tradisional di Kabupaten Serang sekitar 14 persen atau Rp10 ribu perkilogramnya.

Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoprindag) Kabupaten Serang mencatat, pertanggal 29 Desember 2020 harga cabai merah di pasar tradisional mencapai Rp80 ribu, yang sebelumnya Rp70 ribu. Artinya mengalami kenaikan sebesar Rp10 ribu per kilogramnya.

“Yang mengalami kenaikan harga hari ini (Selasa, 29 Desember 2020) cabai merah dari Rp70 ribu naik Rp10 (jadi Rp80 ribu, red). Itu di semua pasar tradisional,” kata Kabid Perdagangan pada Diskoperindag Kabupaten Serang, Tohiri saat ditemui di kantornya, Selasa, 29 Desember 2020.

BACA :  Bil dan FH Grup Sepakat Galakan Program Sosial di Lebak

Sementara, lanjut Tohiri, harga cabai merah keriting, cabai merah besar biasa dan cabai rawit hijau mengalami penurunan sebesar Rp5 ribu atau 8 persen dari harga Rp60 ribu menjadi Rp55 ribu per kilogramnya.

“Harga cabai rawit keriting turun dari harga Rp60 ribu menjadi Rp55 ribu. Cabai rawit biasa Rp55 ribu harganya dari Rp60 ribu turun Rp5 ribu. Cabai rawit hijau juga Rp60 ribu menjadi turun Rp5 ribu,” ungkapnya.

Menurut Tohiri, kenaikan harga cabai merah tersebut disebabkan karena faktor hujan dipenghujung akhir tahun.

“Jaid itu mah rutin, tiap tahun kalau cabai ya,” jelasnya.

Selain itu, Tohiri juga mengklaim bahwa berdasarkan hasil prediksi Diskoperindag setempat pada malam pergantian tahun baru 2020 tidak akan adanya lonjakan harga.

BACA :  Rutan Pandeglang Kelebihan Kapasitas; Tindak Pidana Curas Mendominasi

“Kalau pun ada di distribusi aja. Langkah yang sudah diambil melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Banten,” pungkas dia.

Editor: Fariz Abdullah



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler