Connect with us

Berita Terbaru

Sinar Mas Group dan Bank Bangkok Suntikkan Dana Ratusan Miliar ke Bank Banten

Published

on

Gubernur Banten, Wahidin Halim (Tengah) saat Konferensi Pers Suntikan Dana Untuk Bank Banten (BantenHits/Tolib)

Serang – Bank Banten mendapat suntikkan dana segar dari dua korporasi dengan nilai mencapai ratusan miliar. Sokongan dana tersebut diperoleh dari Sinar Mas Group dan Bank Bangkok.

“Intervensi dana segar dari Sinar Mas Rp300 miliar. Kemudian Bank Bangkok masih proses tapi sudah tanda tangan (Kerja sama),” kata Gubernur Banten Wahidin Halim kepada wartawan, Rabu 30 Desember 2020.

Menurutnya, Bank Banten saat ini memang dihadapkan pada sejumlah tantangan. Mulai dari likuiditas, permodalan, tata kelola dan kredit macet yang berasal dari Bank Pundi. Nilai kredit macet sendiri mencapai Rp1,6 triliun dan sulit tertagih.

BACA :  Lansia Asal Pandeglang Tewas Terjepit Kapal di Pelabuhan Merak, Polisi Ungkap Penyebabnya

“Bank Pundi memberikan kredit asal jadi, tidak rasional. Ini menjadi risiko manajemen yang baru. Kami sudah ambil langkah, rasio likuiditas sudah baik dan perbaikan lainnya,” jelasnya.

Untuk permodalan, kata dia, Bank Banten juga sedang melaksanakan right issue yang dibuka hingga 6 Januari 2021. Nilai saham sendiri yang ditawarkan adalah Rp50 per lembar namun di bursa saham nilainya naik hingga Rp120 per lembar.

“Kecenderungan pembelian saham meningkat. Sudah mulai banyak yang beli,” ungkapnya.

Lebih lanjut dipaparkan WH, untuk pembenahan tata kelola dirinya selaku pemegang saham pengendali terakhir akan menggelar rapat umum pemegang saham (RUPS) pada Januari 2021. Pihaknya akan membahas program-program lanjutan ke depannya.

BACA :  Suyanto Akan Gugat SK Pemecatannya sebagai Dirut PDAM TB

“Ketika bank sehat bisa restrukturisasi SDM, manajemen. Jajaran direksi dan komisaris,” tutupnya.

Editor : Engkos Kosasih



Pernah menjadi tokoh mahasiswa selama kurun perkuliahan 2015-2019, pria asal Banten Selatan ini memutuskan pilihan hidup menjadi jurnalis setelah lulus kuliah. Tolib memiliki ketertarikan pada dunia kepenulisan.

Terpopuler