Jaringan Internet di Sebagian Pandeglang Jelek, Dindikbud Siapkan Strategi Baru untuk Belajar Daring

Date:

Kelala Dindikbud Pandeglang, Taufik Hidayat saat Menberikan Keterangan Pers Kepada Wartawan (BantenHits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Pandeglang, menyusun strategi baru untuk pembelajaran dari rumah bagi siswa SD-SMP di wilayah Kabupaten Pandeglang.

Strategi baru ini juga diperkuat oleh surat edaran Bupati Pandeglang Nomor 423/08-Dikbud/2021 tentang pelaksanaan kegiatan belajar dari rumah (BDR) semester genap tahun ajaran 2020-2021.

Strategi ini memaksa guru di masing-masing sekolah untuk membuat vidio pembelajaran yang akan dikirimkan ke orangtua siswa.

“Saat ini sudah ada 1000 vidio pembelajaran yang dibuat. Nanti dikirim ke orang tua murid, supaya anaknya bisa belajar dengan baik selama pandemi COVID-19 ini,” kata Kepala Dindikbud Pandeglang, Taufik Hidayat, Jumat 8  Januari 2021.

Taufik menyebut, vidio pembelajaran tersebut merupakan inisiasi dari Dindikbud Pandeglang, karena selama pembelajaran daring tidak maksimal. Mengingat jaringan internet di Kabupaten Pandeglang tidak merata.

“Tau sendiri di Kabupaten Pandeglang jaringan internet tidak merata, sehingga kesulitan untuk belajar secara daring. Makanya kami berinisiatif untuk membuat vidio pembelajaran,” jelasnya.

Dia menjelaskan, masing-masing guru nanti akan menerangkan mata pelajaran di sekolah dengan disesuaikan dengan tingkatan kelas sekolah.

“Jadi seperti belajar di sekolah saja, karena saat membuat vidio guru ini berada di ruangan seperti kelas,” ujarnya.

Selain itu, Dindikbud Pandeglang juga mewajibkan para guru untuk berada di sekolah. Karena khawatir ada wali murid ingin konsultasi terkait pembelajaran tersebut.

“Nanti ada piket masuk sekolah juga bagi guru-guru, jadi ketika wali murid mau bertanya bisa langsung ke sekolah,” pungkasnya.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dear, Pemkab dan Pemkot Se-Banten! Pj Gubernur Bilang Jangan Ragu Tempatkan RKUD di Bank Banten

Berita Banten - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota...

Seleksi Anggota PPK untuk Pilkada Kota Tangerang 2024 Digelar 23-29 April

Berita Tangerang - Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan atau...

Generasi Muda Banten, Ayo Bertani! Sektor Pertanian Punya Potensi Menjanjikan Loh

Berita Banten - Sektor pertanian di Banten memiliki potensi...