Stok Kacang Kedelai di Kabupaten Serang Melimpah, Harganya Tembus Rp10 Ribu

Date:

Stok Kacanag Kedelai di Kabupaten Serang Melimpah (BantenHits/Mursyid Arifin)

Serang – Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang mencatat, harga kacang kedelai di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Serang menembus hingga Rp10 ribu per kilogram.

Angka tersebut cukup signifikan jika dibandingkan harga sebelumnya yakni hanya mencapai Rp6.500 per kilogramnya.

Kepala Bidang Perdagangan pada Diskoperindag Kabupaten Serang, Tohiri menerangkan, sebenarnya kenaikan harga sudah terjadi sejak virus corona atau Covid-19 menyerang bumi pertiwi, namun bukan disebabkan pada saat libur natal dan tahun baru (Nataru).

“Kenaikan sebenarnya sejak adanya Covid-19, tadinya Rp6500 per kilogramnya. Kemarin itu menjelang hari libur sebenernya bukan di bahan baku, akan tetapi tempenya yang kurang di pasar dikarnakan pengrajinnya banyak tidak produksi disertai keterlabatan impor terkait keamanan kurang kondusif,” kata Tohiri saat dikonfirmasi wartawan BantenHits.com, Rabu, 13 Januari 2021.

Berdasarkan pantauannya, Tohiri menyebutkan, ketersediaan‎ kacang kedelai masih cukup banyak. Bahkan, pasokan dibeberapa distributor masih terdapat puluhan ton kacang kedelai.

Selain itu, ia juga mengaku, secara rutin terus melakukan pemantauan harga di pasar-pasar tradisional yang berada di wilayah kerjanya.

“Distributor adanya di Kota Serang. Stok cukup, di Toko Haji Jarimi Cipocok ada 18 ton, di Kopti Serang Kramatwatu 20 ton,” pungkas Tohiri.

Editor : Engkos Kosasih

Author

  • Mursyid Arifin

    Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...