Connect with us

Berita Terbaru

Pemkab Serang Ingin Dana Desa Tahun 2021 Dialokasikan untuk JPS

Published

on

FOTO ILUSTRASI. Dana Desa. (Net)

Serang – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang meminta, Desa dapat memfokuskan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021 untuk jaring pengaman sosial (JPS) atau BLT DD dan peningkatan ekonomi desa.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa pada DPMD Kabupaten Serang, Nasir Al Afghani mengatakan, dalam pengalokasiaan DD tahun anggaran 2021 harus mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 222 Tahun 2020 dan Permendes Nomor 13 Tahun 2020.

“(Dana Desa) wajib disalurkan untuk kelompok penerima manfaat selama 12 bulan, dan setiap bulannya sebesar Rp300 ribu. Itu amanat dari PMK,” ujar Nasir kepada BantenHits.com, Rabu, 13 Januari 2021.

BACA :  Gelar Seminar Motivasi dan Sosialisasi Kampus, IKA-SMANCIK Ingatkan Pentingnya Pendidikan

Nasir menjelaskan, ada yang menjadi skala prioritas, misalnya, pengemebangan ekonomi, pengembangan wisata desa, serta program padat karya tunai.

“Intinya disaat pandemi ini bagaimana masyarakat bisa melangsungkan hidupnya dengan bantuan pemerintah pusat melalui pemerintah desa,” ucapnya.

Jika mengacu pada Permendes 13 Tahun 2020, menurut Nasir ada tiga strategi yang harus dikembangkan, pertama adalah bagaimana peningkatan ekonomi nasioanal, prioritas nasional, dan adaptasi kebiasaan baru (AKB).

“Jadi kalau pengembangan desa itu desa harus mampu mengembangkan badan usaha milik desa (BUMDes) atau warung desa sehingga desa bisa memanfaatkan potensi-potensi yang ada untuk peningkatan ekonomi, juga termasuk dengan kesejahteraan bagi desa dan masyarakat,” katanya.

Nasir kembali menegaskan, untuk prioritas Dana Desa tahun 2021 adalah mengacu ke PMK Nomor 222 Tahun 2020 dan Permendes Nomor 13 Tahun 2020 serta Perautan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 20 Tahun 2018.

BACA :  Pemkot Tangerang Diminta Lindungi Angkutan Konvensional

“Saya menghimbau kepada seluruh desa di 326 desa di Kabupaten Serang jangan sampai ada yang tidak menganggarkan di tahun 2021 sesuai dengan PMK 222,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler