Connect with us

Berita Terbaru

33 Fakses di Kota Serang Serentak Suntik Vaksin Sinovac ke Tenaga Kesehatan

Published

on

Foto. Ilustrasi Penyuntikan Vaksin COVID-19 (Bantenhits/Hendra Wibisana)

Serang – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang mulai menyuntikan vaksin COVID-19 tahap pertama untuk tenaga kesehatan (Nakes). Kota Serang mendapat jatah 3380 vaksin, penyuntikan vaksin perdana ini dilakukan pada Sabtu 16 Januari 2020.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinkes Kota Serang, Ratu Ani mengatakan, ada kemunduran jadwal pemberian vaksin, yang semula dijadwalkan tanggal 14 Januari 2021. Kemunduran itu akibat adanya kendala di aplikasi yang dicanangkan pemerintah

“Hari ini (Sabtu) perdana di Kota Serang, yang menjadwalkan adalah pusat, rencananya hari selasa ternyata ada yang mesti dikoordinasikn di pusat itu terkait dengan teknis,” kata Ratu.

BACA :  Pelajar Tawuran di Kota Tangerang Bawa Celurit dan Gergaji

“Serentak di 33 faskes untuk para tenaga medis yang akan divaksinasi dari mulai yang mendapatkan sms peduli lindung di tanggal 14, ,15, 16 Januari,” sambungnya.

Kemudian, untuk jumlah Nakes yang akan divaksin, dirinya belum dapat menyebutkan, menurutnya data yang dimiliki berbeda dengan data pemerintah pusat. 

“Kita belum tau jumlahnya nanti sore kita lihat dulu datanya nanti sore jam 4 itu semua vaskes 33 faskes yang menyelenggarakan, penerima vaksin di data kepada vaskes tersebut nanti laporannya hari ini sore hari,” katanya.

Dalam tahap pertama ini dilakukan secara bergilir atau setiap hari, dalam satu hari setiap faskes diberikan maksimal 2 seasion, dalam 1 seasion terdiri dari 10 penerima, guna melakukan observasi paska diberikan vaksin jenis Sinovac selama 30 menit.

BACA :  Ungkit Jasa Bongkar Korupsi 'Kakap' di Banten, Koalisi Masyarakat Sipil Turun ke Jalan Tolak Pelemahan KPK

“Kan lama 30 menit kali sepuluh orang, udah berap lama,” ujarnya.

Untuk tenaga kesehatan yang tidak datang ketika sudah di jadwalkan atau yang tidak lulus saat diskrining, pihaknya akan menjadwalkan ulang.

“Jadi apa dia dalam kondisi sakit atau dia dalam posisi apa, skriningnya sudah ada tapi tidak lulus, mungkin dia sedang tinggi tensinya itu ditunda dulu sampai normal, sehat, bukan tidak di suntik tapi di tunda,” pungkasnya.

Sementara, Vaksinator RS Sari Asih Kota Serang Moch Andri Firdaus mengatakan, pihaknya menerima sebanyak 400 dosis CoronaVac atau Vaksin Sinovac untuk 400 tenaga kesehatan. 

“Kami menerima 400 vaksin untuk 400 nakes, dan Alhamdulillah semuanya lolos skrinning,” kata Andri

BACA :  Punya Alat Baru, Cetak TNKB Baru di Samsat Lebak Hanya 5 Menit

Kemudian, tahap pertama vaksinasi dilakukan kepada 20 tenaga kesehatan.

“Kalau vaksinasi hari ini kami lakukan kepada 20 orang nakes untuk tahap pertama vaksinasi dan khusus diperuntukkan bagi nakes. Dimulai pukul 08.00 sampai 12.00,” tutupnya.

Editor : Engkos Kosasih



Terpopuler