Connect with us

Berita Terbaru

Ogah Penyebaran Covid-19 di Pelabuhan Merak Menggila, Awak hingga Kru Kapal Dirapid Antigen

Published

on

Salah satu kru kapal saat menjalani rapid antigen. (Bantenhits/Iyus Lesmana)

Cilegon- Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banten menggelar Rapid Antigen untuk para awak dan kru kapal di Pelabuhan Merak, Selasa, 19 Januari 2021. Acara bekerjasama dengan Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberang (Gapasdap).

Koordinator Pelabuhan KKP Banten, Budiman menerangkan Rapid Antigen dilaksanakan sebagai salah satu upaya dalam mendeteksi secara dini penyebaran Covid-19 khususnya kepada masyarakat Pelabuhan.

“KKP Banten melakukan upaya untuk melakukan deteksi dini terhadap masyarakat pelabuhan terutama temen-temen pelayaran baik, pengurus,petugas operasional serta kru kapal sudah kita periksa,”kata Budiman.

Saat ini, menurut Budiman, kasus terkonfirmasi Covid-19 secara nasional mengalami peningkatan cukup pesat.

BACA :  Tawuran di Kota Tangerang, 6 Pelajar dan Celurit Diamankan Polisi

Karenanya, melakukan rapid antigen sebagai upaya pencegahan merupakan langkah yang tepat.

Lanjut Budiman, saat ini rapid antigen telah dilaksanakan ke 200 orang masyarakat Pelabuhan.

“Saat ini di pelabuhan merak kan tidak diberlakukan untuk dilakukan rapid, tapi dilakukan random, atas himbauan gugus tugas dan SE Menhub itu dilaksanakan random sampling di pelabuhan. Ini dilakukan dari minggu kemaren,”ujarnya.

Sementara Ketua Gapasdap Merak, Togar Napitupulu mengaku sudah ada 20 anggotanya positif Covid-19 sejak virus yang telah menjadi Pandemi itu masuk ke Indonesia.

Untuk mengatasinya, kata Togar, Gapasdap mengaku akan terus melakukan rapid antigen secara berkala.

“Untuk jumlah belum kita sampaikan tapi sementara hampir 200-an (anggota yang sudah dirapid), masih terus dilakukan kami berupaya memutus mata rantai kalau secara dini kita ketahui di lingkungan sini ada yang kena Covid kita bisa cegah sehingga tidak bisa menambah,”tandasnya.

BACA :  Dititip ke Teman, Honda PCX Milik Pendamping Desa di Cimarga Lebak Raib

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler