Connect with us

Berita Terbaru

Deretan Mantan Kapolda Banten yang Melejit Karirnya hingga Jadi Kapolri

Published

on

Kapolda Banten

Listyo Sigit Prabowo saat masih menjabat Kapolda Banten pada 2016-2018. Listyo kini menjadi calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Joko Widodo ke DPR. Selain Listyo, mantan Kapolda Banten lainnya yang karirnya moncer hingga menjabat Kapolri adalah Badrodin Haiti dan Timur Pradopo.(FOTO: Dok.BantenHits.com)

Serang – Posisi orang nomor satu di lingkungan Kepolisian Republik Indonesia saat ini tengah menjadi sorotan. Presiden Joko Widodo telah mengajukan Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri ke DPR.

Bagi warga Banten, sosok Listyo Sigit Prabowo tentu tak asing. Pasalnya, Listyo pernah menjabat sebagai Kapolda Banten pada 2016-2018.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Serang, KH Rahmat Fathoni mengungkapkan, semasa Sigit menjabat Kapolda Banten juga sangat dekat dengan sosok ulama karismatik Banten yakni Abuya Muhtadi Dimyati. Terlebih, Sigit saat itu mewajibkan anggotanya pemeluk agama Islam untuk mempelajari kitab kuning seperti Nashoibul Ibad.

BACA :  BOP PAUD Belum Cair, Bupati Irna: Sabar Sedang Diproses

Dalam catatan sejarah, mantan Kapolda Banten selalu melejit dalam karirnya hingga menjabat sebagai pimpinan tertinggi Polri atau Kapolri. Seperti Timor Pradopo dan Badrodin Haiti. Dalam perjalanan tugasnya di Banten, sebenaranya lebih dulu Badrodin Haiti. Saat itu masih berstatus Polwil Banten,

Badrodin Haiti memimpin Polwil Banten 28 Januari sampai 10 Desember 2005, masih berpangkat Kombes Pol.

Setelah itu, Polwil berganti menjadi Polda Banten dengan Kapolda pertama Timur Pradopo yang saat itu berpangkat Brigjen Pol.

Menyusul dua orang tersebut, adalah Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo yang merupakan Kapolda Banten priode 2016-2018 yang kini hampir pasti menjadi Kapolri.

“Sejarahnya banyak mantan Kapolda Banten akhirnya menjadi Kapolri seperti Timor Pradopo, Badrodin Haiti dan sekarang Listyo Sigit Prabowo,” jelas Rahmat.

BACA :  Ratusan Ikan Mati di Sungai Cisadane Tangerang

“Sosok Sigit dan Boy Rafli hampir sama dalam kerjanya, kedua-duanya merangkul,” tambahnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler