Connect with us

Berita Utama

Duh! Harga Tahu di Pasar Baros Serang Tembus Rp 4.000 per Biji

Published

on

Meroketnya harga kacang kedelai, membuat harga tahu dan tempe di Banten naik signifikan. Kekinian, harga tahu di Pasar Baros, Kabupaten Serang tembus Rp 4.000 per biji. (BantenHits.com/ Mursyid Arifin)

Serang – Harga tahu dan tempe di Pasar Tradisional Baros, Kabupaten Serang, Banten terus melonjak akibat harga kacang kedelai yang meroket. Kekinian, harga tahu menembus Rp 4.000 per buah.

Salah satu pedagang di Pasar Baros, Eha mengatakan, lonjakan kenaikan harga tahu mencapai Rp 4.000 per buah. Di mana sebelumnya hanya Rp 3.000. Artinya, terjadi kenaikan sebesar Rp 1.000.

Tak hanya tahu, kata dia, harga tempe pun ikut naik sebesar Rp 1.000. Menurutnya, kenaikan itu terjadi pasca libur Natal dan tahun baru juga dipengaruhi harga kedelai yang terus melangit.

BACA :  Suplai Logistik Korban Tanah Longsor di Cirinten, Polres Lebak: Semoga Pembangunan Rumah Segera Terealisasi

“Iya semuanya juga naik seribu-seribu. Sama, tempe juga naik seribu. kan kacangnya mahal,” ujar Eha sat ditemui di Pasar Baros, Rabu, 20 Januari 2021.

“Duh, harga tempe dan tahu mahal. Semua pada mahal,” timpal salah satu pengunjung yang enggan menyebutkan namanya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Serang, Tohiri menyebutkan, berdasarkan pantauannya ketersediaan‎ kacang kedelai masih cukup banyak. Bahkan, pasokan dibeberapa distributor masih terdapat puluhan ton kacang kedelai.

Selain itu, ia juga mengaku, secara rutin terus melakukan pemantauan harga di pasar-pasar tradisional yang berada di wilayah kerjanya.

“Distributor adanya di Kota Serang. Stok cukup, di Toko Haji Jarimi Cipocok ada 18 ton, di Kopti Serang Kramatwatu 20 ton,” kata Tohiri.

BACA :  Kiai Kenamaan di Banten Wafat Positif Covid-19, Ribuan Massa Tak Terbendung Hadiri Pemakaman

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

 



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler