Nasib Nelayan di Cilurah Pandeglang; Mau Melaut Cuaca Buruk, Tak Melaut Utang Menumpuk

Date:

Kondisi Nelayan di Kabupaten Pandeglang Berhenti Melaut Karena Cuaca Buruk (BantenHits/Engkos Kosasih)

Pandeglang – Gelombang tinggi dan cuaca buruk yang terjadi belakangan ini, membuat sejumlah nelayan di Kampung Cilurah, Desa Sukanagara, Kecamatan Carita, menganggur karena tidak bisa melaut.

Seorang nalayan, Supri menceritakan, sejak terjadi cuaca buruk hasil tangkapan ikan berkurang, sehingga ia dan nelayan lain lebih memilih untuk tidak melaut.

“Jangankan untuk menjual ikan untuk makan ikan saja sekarang susah,” katanya saat ditemui di Pelelangan Ikan Cilurah, Rabu 20 Januari 2021.

Namun akibat tidak melaut, Supri mengalami kesulitan untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Sehingga dia harus menghutang ke warung langganannya.

“Kebiasaan nelayan “ngutang” ke warung dan dibayar setelah hasil penjualan ikan, sedangkan saat cuaca seperti ini bukan ikan yang didapat tapi hutang-hutang yang didapat,” ujarnya.

Sementara nalayan lain, Dede Nurjaya yang baru saja datang melaut terlihat tidak mendapatkan ikan sama sekali. Padahal biasanya pendapatan ikan bisa mencukupi kebutuhan setiap harinya.

Dede juga mengatakan, untuk sementara dia juga akan berhenti melaut, sambil menunggu cuaca kembali berpihak pada nelayan.

“Untuk kebutuhan sehari-hari dengan apa adanya saja,” tandasnya.

Editor : Engkos Kosasih

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related