Connect with us

Berita Utama

Data Ratusan Penerima Jamsosratu di Kecamatan Saketi Tiba-tiba Hilang, Mahasiswa UNMA Laporkan Dinsos Banten

Published

on

Ilustrasi Program Jamsosratu Provinsi Banten (Dok. BantenHits)

Pandeglang – Data ratusan keluarga penerima manfaat (KPM) program Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu) di Kecamatan Saketi, Pandeglang, Banten, tiba-tiba hilang.

Akibatnya, ratusan KPM di Kecamatan tersebut sudah satu tahun ini tak menerima bantuan sosial (Bansos) Jamsosratu dari Pemerintah Provinsi Banten.

Perwakilan masyarakat, Fikri Anindzar Akbar mengatakan, pada tahun 2019 warga masih menerima bansos. Namun pada tahun 2020, warga sudah tidak menerima kucuran bansos.

“Ada 136 KPM Jamsosratu yang datanya tiba-tiba hilang, sehingga mereka sudah tidak menerima bansos,” kata Fikri, Sabtu 23 Januari 2021.

Fikri mengaku, sudah berkoordinasi dengan pendamping Jamsosratu dan Dinas Sosial Banten untuk menanyakan terkait data KPM yang tiba-tiba hilang.

BACA :  Belasan Warganya Berstatus ODP, Pemerintah Kecamatan Cikulur Lebak Desinfeksi Seluruh Desa

“Kami sudah menanyakan hal tersebut pada pandamping (Jamsosratu) Kecamatan Saketi dan Dinsos Banten, tetapi tidak ada kejelasan kenapa tiba-tiba hilang,” jelasnya.

Mahasiswa Fakultas Hukum dan Sosial (FHS) UNMA Banten ini menduga terjadi maladministrasi. Sehingga dia pun melaporkan kasus tersebut ke Ombudsman Banten dan Badan Kehormatan Dewan (BKD).

“Kami berharap Ombudsman Provinisi Banten dan BKD DPRD Banten untuk memaksimalkan fungsi Pengawasannya, karena kami juga pernah bersurat meminta audiensi untuk Komisi V, tapi sampai detik ini tidak ada respon,” tutupnya.

Sementara pendamping Jamsosratu Kecamatan Saketi, Jajat Permana mengakui bahwa data penerima manfaat hilang. Akan tetapi dia mengaku sudah mengusulkan kembali data tersebut.

BACA :  Polres Kota Tangerang Rotasi Sejumlah Kapolsek dan Kasat

“Pada saat pemutakhiran di awal tahun 2021 data yang hilang sudah diusulkan kembali,” pungkasnya.

Editor : Engkos Kosasih



Pria kelahiran Pandeglang ini dikenal aktif berorganisasi sejak sekolah hingga di bangku kuliah. Rosid memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap kehidupan sosial.

Terpopuler