Connect with us

Berita Terbaru

Seluruh RS Rujukan Covid-19 di Tangsel Penuh; Wakil Wali Kota Sarankan Pasien Jalani Isolasi Mandiri

Published

on

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie saat memberikan keterangan pers. (Bantenhits/Rikhi Ferdian)

Tangerang- Pemerintah Kota Tangerang Selatan meminta peran aktif Satgas Covid-19 di tingkat bawah untuk menerapkan SOP isolasi mandiri yang berkualitas kepada warganya. 

Hal itu diungkapkan oleh wakil wali kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie dalam menyikapi penuhnya rumah sakit rujukan Covid-19 baik negeri dan swasta di Kota Tangerang Selatan. 

“Isolasi mandiri menjadi alternatif utama yang harus dijalani oleh para pasien covid-19,” Kata Benyamin Davnie, Minggu, 24 Januari 2021.

Ia menjelaskan, pasien covid-19 di 14 rumah sakit swasta dan satu RSU Kota Tangerang Selatan sudah penuh. Kemudian, untuk kapasitas ruang isolasi pun sudah mencapai 93 persen. 

BACA :  Jelang Sidang, Rumah Juru Bayar WH Kembali Kosong

Atas kondisi ini, menurut Benyamin, alternatif yang dilakukan yakni meminta masyarakat yang terpapar covid-19 untuk menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing.

Namun, di sisi lain ia juga khawatir akan munculnya kluster keluarga apabila pasien covid-19 menjalani isolasi di rumah masing-masing.

“Kluster keluarga ini adalah penularan yang tertinggi di Tangsel,” jelasnya.

Oleh karenanya, kata Benyamin, pemkot Tangsel telah menerbitkan sebuah arahan atau SOP isolasi mandiri yang berkualitas.

“Pertama yaitu komunikasi dengan puskesmas tentunya harus lancar, kedua yaitu lingkungan setempat untuk suplai makanan itu juga harus dijamin oleh satuan tugas di tingkat bawah. Kami kira ini yang harus lebih ditingkatkan ke depannya,” Jelasnya 

BACA :  China Sudah Garap Penerbangan Lokal di Indonesia

Ia pun tidak mengharapkan, dengan adanya isolasi mandiri yang justru kondisi pasien malah menjadi parah dan menimbulkan penularan baru di tingkat keluarga. Perlunya upaya serius yang dilakukan oleh tim satgas covid-19 di tingkat bawah.

“Itu yang sangat penting. Sambil kita tugaskan puskesmas untuk men-tracing. Hari ke hari harus diikuti perkembangannya,”pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah 



Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler