Connect with us

Berita Terbaru

Lebak Gelar Musrenbang RKPD Tahun 2022: Bupati Iti Bicara soal Kewenangan Jalan Poros Desa

Published

on

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat membuka acara Musrenbang RKPD Tahun 2022 tingkat Kecamatan di Lebak Data Center. (Istimewa)

Lebak- Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Lebak menggelar Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2022 Tingkat Kecamatan.

Acara yang digelar secara daring itu dibuka secara langsung Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya di Lebak Data Center (LDC) Setda Lebak, Senin, 1 Februari 2021.

Dalam sambutannya, Iti mengatakan bahwa pembangunan jalan poros desa bukan lagi menjadi kewenangan pemerintah daerah.

“Untuk itu mulai tahun ini dan kedepan pelaksanaannya lebih ditekankan dilaksanakan oleh Pemerintah Desa,”kata Iti dalam siaran pers yang diterima Bantenhits.

BACA :  Viral, Foto Pria Asal Pandeglang Mirip Jokowi, Semirip Apa?

Meski demikian, kata Iti, Pemerintah masih bisa melakukan intervensi pendanaan pembangunan bagi jalan poros desa yang bersifat strategis mendukung target kinerja Pemerintah Kabupaten.

“Pendanaanya melalui belanja transfer bantuan keuangan kepada Pemerintah Desa dengan memperhatikan kemampuan keuangan daerah juga,”katanya.

Sementara, Kepala Bapelitbangda Kabupaten Lebak, Virgojanti menjelaskan Musrenbang RKPD tahun 2022 tingkat kecamatan bertujuan untuk meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan daerah dengan melibatkan partisipasi masyarakat berupa buttom up planning atau rencana pembangunan dari bawah.

“Kami berharap kegiatan ini menghasilkan sebuah perencanaan yang baik apalagi untuk tahun ini telah diterapkan sebuah aplikasi yaitu Sistem Informasi Pemerintah Daerah atau SIPD yang lebih transparan, partisipatif, dan akuntabel,”jelasnya.

BACA :  Masih Ada Wilayah Tergenang saat Hujan, Upaya-Upaya Ini Telah Dilakukan Pemkot Tangerang

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler