Connect with us

Berita Utama

Tak Ada KBM selama Pandemi, Rak Buku SDN Kademangan Serang Jadi Tempat Bertelur Ayam

Published

on

Kotoran kambing tampak di atas meja belajar di SDN Kademangan, Serang. Sekolah ini viral di media sosial setelah rak bukunya jadi tempat bertelur ayam kampung. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Hampir setahun kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka dihentikan menyusul pandemi COVID-19. Saking lamanya sekolah tak difungsikan untuk KBM, rak buku di Sekolah Dasar Negeri atau SDN Kademangan jadi tempat bertelur ayam kampung.

Penampakan rak buku yang jadi tempat bertelur ayam ini pun viral di media sosial Instagram, Senin 1 Febuari 2021.

Wartawan BantenHits.com, Mahyadi melakukan penelusuran ke lokasi. Sekolah yang berada di Kampung Kademangan, Kelurahan Terumbu, Kecamatan Kasemen, Kota Serang tersebut posisinya tepat berada di dekat pemukiman warga.

Dody Rustriyadi, Kepala SDN Kademangan Serang menunjukkan rak buku yang jadi tempat bertelur ayam kampung. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Dody Rustriyadi, Kepala sekolah SDN Kademangan mengaku tidak mengetahui sekolah yang dipimpin dirinya tersebut viral menjadi perbincangan warganet. 

BACA :  950 Pelanggar Lalin di Pandeglang Jalani Sidang di Tempat

“Itu ruangan kelas 1 A, ya kalo masalah ayam (viral) saya tidak tau ya karena biasanya juga ada guru yang bersih, memang sekitar sini banyak yang memelihara selain ayam ada bebek kambing keluar masuk sekolah,” tegasnya kepada awak media temui di ruangannya.

Pembatasan sekolah yang hanya mengunakan bambu, dinilai dirinya susah untuk menghalangi peliharaan warga yang masuk ke dalam halaman sekolah.

“Ini Sekolah di tengah lingkungan masyarakat pagar tidak ditutup karena biasanya ada saja murid yang mengambil tugas setiap hari juga ada guru masuk,” jelasnya.

Di SDN Kademangan sendiri terdapat 8 ruangan kelas yang diisi oleh 348 siswa, dalam kondisi yang memprihatinkan beberapa dinding sudah mengalami keropos.

BACA :  PHK Karyawan, PT Nutrindo Bogarasa Didemo

Tidak hanya itu sejak diberlakukan belajar online, terlihat ruangan di SDN tersebut dipenuhi dengan kotoran kambing dan ayam serta terlihat sudah ada banyak sarang laba-laba.

“Kadang kala tiga hari sekali atau paling nunggu orang yang bersihkan, ya kita tidak bisa sediakala ya di bersihkan,” ungkapnya.

“Sejak pandemi ini kasian kelas satu yang baru masuk dan itu juga mungkin tidak bisa apa-apa, ya kalo kelas enam mau ujian harapannya ya Pandemi ini cepat berakhir,” tutupnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler