Connect with us

Berita Utama

Mahasiswa UIN SMH Banten Unjuk Rasa Tuntut Keringanan Uang Kuliah Tunggal, #daruratuinbanten Menggema di Media Sosial

Published

on

Mahasiswa UIN SMH Banten saat berunjuk rasa tuntut keringanan Uang Kuliah karena dampak COVID-19. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Pandemi Covid-19 di Indonesia belum juga berakhir. Hal ini jadi perhatian mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin atau UIN SMH Banten yang tergabung dalam aliansi ‘daruratuinbanten’.

Pantauan BantenHits.com di lokasi, terlihat puluhan Mahasiswa UIN SMH Banten  menggelar aksi damai di depan gedung rektorat kampus 1, Rabu 3 Febuari 2021.

Miptah Fatoni, selaku Humas Aliansi ‘daruratuinbanten’ mengatakan bahwa dalam aksi tersebut mahasiswa membawa tiga poin tuntutan yang disampaikan kepada rektorat.

Yang pertama, kata Miptah, mahasiswa meminta kampus memberikan keringanan Uang Kuliah Tunggal/Biaya Kuliah Tunggal (UKT/BKT) sebesar 50% untuk seluruh mahasiswa secara merata. Pemotongan 100% bagi mahasiswa yang orang tuanya terdampak Covid-19 dan Penurunan grade UKT satu tingkat.

BACA :  Wali Kota Serang Enggan Berikan 'Sanksi' Bagi Masyarakat Tak Pakai Masker, Kenapa?

“Jadi, ini kan tuntutan yang kita sampaikan sesuai apa yang dialami oleh mahasiswa, mulai dari pemotongan 50% secara merata, pemotongan 100% bagi seluruh mahasiswa yang orang tuanya terdampak akibat Covid-19, serta penurunan grade UKT/BKT satu tingkat,” ujar kepada awak media di lokasi aksi.

Ia mengungkapkan bahwa selama kondisi krisis ekonomi akibat pandemi Covid-19 tersebut sangat dirasakan oleh semua sektor, tak terkecuali bagi orang tua mahasiswa yang kehilangan pekerjaan.

“Jadi, seharusnya pihak rektorat memberikan keringanan sesuai apa yang jadi kebutuhan bagi teman-teman mahasiswa,” tegasnya.

“Saya menuntut supaya UKT/BKT digratiskan untuk seluruh mahasiswa yang orang tuanya terdampak Covid-19. Itu juga jangan dipersulit regulasinya,” pungkasnya.

BACA :  Aparatur Desa Seluruh Indonesia Tunjuk Yusril Ihza Mahendra Sebagai Kuasa Hukum

Selain menyampaikan tuntutan lewat unjuk rasa, mahasiswa juga menggemakan #daruratuinbanten lewat sejumlah paltform media sosial.

Belum ada keterangan resmi dari pihak kampus UIN SMH Banten terkait tuntutan yang disampaikan mahasiswa. BantenHits.com masih mengupayakan konfirmasi.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Terpopuler