Aktivitas Galian Tanah di Kronjo Tangerang Resahkan Warga; Buat Jalan Kotor hingga Picu Suara Bising

Date:

Sebuah alat berat saat beroperasi di galian tanah di Kecamatan Kronjo. (Bantenhits/Rikhi Ferdian)

Tangerang- Warga Kampung Kramat Maja, Desa Blukbuk, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, mengeluhkan adanya aktivitas galian tanah ilegal di kampungnya. 

Bagaimana tidak, galian yang disebut-sebut tak berizin itu menimbulkan suara bising dari alat berat saat mengeruk tanah. Belum lagi lalu lalang kendaraan truk pengangkut tanah pada siang dan malam hari yang juga membuat jalanan menjadi kotor. 

“Apalagi saat ini sedang musim hujan, jalanan menjadi licin akibat tanah yang berceceran, ini cukup membahayakan warga sekitar,” ungkap Ahmad, salah seorang warga, 18 Februari 2021. 

Ia dan warga lainnya meminta pihak-pihak terkait seperti pemerintah desa, kecamatan, dan kabupaten, untuk turun tangan untuk menghentikan aktivitas galian tanah yang meresahkan tersebut. 

“Sebab dibandingkan manfaatnya, banyak mudharatnya. Kalau memang tidak berizin ya harus ditindak. Pemerintah harus tegas kepada pengusaha galian ilegal yang merugikan masyarakat,” tegasnya.

Terpisah, Kepala Desa Blukbuk Sanusi mengaku pihak desa pernah mempertanyakan keberadaan aktivitas galian tanah tersebut. Namun, hingga kini pihak pengusaha galian tanah itu belum pernah berkoordinasi atau meminta izin. 

“Gak ada kordinasi dan belum izin. Dari kemaren kami bersama setaf BPD turun ke lapangan untuk menanyakan terkait adanya alat berat tersebut di wilayah Blukbuk. Belum jelas seperti apa izinnya,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Rikhi Ferdian Herisetiana

    Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...