Connect with us

Berita Utama

Satu Lagi ‘Alumni’ Banten Tempati Posisi Strategis di Polri, Mantan Kapolres Tangerang Resmi Jabat Kabareskrim

Published

on

Kabaharkam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto saat menggelar bhakti sosial di Tangerang, Juni 2020 lalu. Per 18 Februari 2021, Agus resmi menjabat Kabareskrim Polri. (Foto: Dok. BantenHits.com)

Jakarta – Komisaris Jenderal Polisi Agus Andrianto resmi menjabat Kabareskrim setelah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan surat telegram nomor ST/318/II/KEP./2021 tertanggal 18 Februari.

Surat telegram tersebut ditandatangani Asisten Kapolri bidang SDM, Inspektur Jenderal Sutrisno Yudhi Hermawan atas nama Kapolri. Kadiv Humas Polri, Inspektur Jenderal Argo Yuwono membenarkan telegram itu.

“Benar,” kata Argo melalui pesan singkat saat dikonfirmasi, Kamis, 18 Februari 2021, seperti dikutip BantenHits.com dari CNNIndonesia.com.

Agus Andrianto merupakan mantan Kapolres Kota Tangerang yang kini merupakan bagian dari Polda Banten. Dengan demikian, Agus menambah deretan ‘alumni’ Banten yang menempati posisi strategis di Polri. Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merupakan mantan Kapolda Banten.

BACA :  Pria Mabuk Terluka Setelah Mengamuk

Agus Andrianto yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri, menggantikan posisi Listyo Sigit yang menjadi Kapolri.

Sementara, jabatan Agus sebagai Kabaharkam Polri bakal diemban oleh Komisaris Jenderal Arief Sulistyanto yang dulu merupakan Kalemdiklat Polri. Jabatan Arief akan diisi oleh Komjen Rycko Amelza Dahniel yang sebelumnya adalah Kabaintelkam. Kemudian, jabatan Kabaintelkam kini aka di isi oleh Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw.

Agus lulusan Akpol 1989. Ia berpengalaman di bidang reserse. Pria kelahiran Blora, Jawa Tengah 16 Februari 1967 itu sudah menempati sejumlah posisi di Korps Bhayangkara.

Dihimpun dari berbagai sumber, Agus mengawali karir di Polres Dairi, Sumatera Utara pada 1990. Ia malang melintang di kepolisian wilayah Pulau Sumatera, mulai dari Kapolsek Sumbul, Kapuskodalops Polres Lampung Selatan, hingga Kasat Serse Poltaber Medan.

BACA :  Stand Disdukcapil Lebak di Festival Baduy Diserbu Warga

Selepas itu, Agus digeser ke Polda Jawa Timur pada 2001. Ia kemudian ditarik ke Polda Metro Jaya pada 2006. Karirnya terus menanjak. Agus pernah menjabat Kapolres Tangerang, Kapolres Metro Tangerang, Direskrimum Polda Sumatera Utara.

Agus juga pernah menjadi Wakapolda Sumatera Utara. Setahun kemudian, ia menjabat Kapolda Sumatera Utara. Agus lantas ditunjuk sebagai Kabaharkam Polri menggantikan Komjen Firli Bahuri yang terpilih sebagai Ketua KPK.

Di tengah pandemi Covid-19, Agus ditugaskan menjadi Kepala Operasi Terpusat Kontinjensi Aman Nusa II Penanganan Covid-19. Operasi Polri dalam menangani pandemi itu pun telah berakhir pada 31 Desember 2020.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler