Connect with us

Berita Terbaru

Kelurahan Bencongan Tangerang Dikepung Banjir: Ratusan Rumah di Empat RW Terendam 1 Meter

Published

on

Warga saat mengevakuasi barang berharga saat banjir 1 meter merendam Kelurahan Bencongan. (Istimewa)

Tangerang- Sedikitnya empat RW di kelurahan Bencongan, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten, dikepung banjir dengan ketinggian air mencapai 1 meter, Sabtu 20 Februari 2021.

Banjir yang merendam ratusan rumah itu disebabkan oleh hujan lebat yang mengguyur wilayah Tangerang sejak Jumat malam (19/2/2021), hingga membuat air kali Sabi yang merupakan anak sungai Cisadane meluap. 

“Beberapa akses jalan juga lumpuh, puluhan warga terpaksa mengungsi ke lokasi yang lebih aman, saat dievakuasi para warga hanya membawa sebagian kecil barang berharga yang dimiliki, dan selebihnya mereka relakan terendam air,” kata Komandan Regu Pos Kelapa Dua, BPBD Kabupaten Tangerang, Basri, Sabtu 20 Februari 2021. 

BACA :  Jangan Lengah! Bukan Zona Merah Tak Berarti Aman Penularan Covid-19, Tetap Disiplin Terapkan 3M

Basri mengungkapkan, banjir yang disebabkan oleh instensitas hujan yang tinggi sehingga air sungai meluap itu merendam 4 RW di kelurahan Bencongan yakni RW 18, 20, 25, dan 31. 

“Ada ratusan rumah yang terendam, Untuk sementara di RW 25 tercatat ada 5 RT dan 320 rumah yang terendam, selengkapnya masih kita data,” terangnya.

Ia juga mengatakan, untuk mengevakuasi warga yang terjebak banjir petugas dibekali satu unit perahu karet. Dalam pelaksanaannya, petugas terjun ke lapangan secara bergantian.

Namun, ia menambahkan, sebagian besar warga lebih memilih bertahan di rumahnya untuk menjaga barang-barang berharga yang dimiliki. Menurut para warga, kondisi masih aman dan air yang menggenangi permukiman mereka tidak begitu tinggi.

BACA :  Petani di Pandeglang mengeluhkan Harga Gabah Turun Drastis

“Semalam ketinggian air mencapai 1,5 meter. Sekarang sudah mulai surut di bawah 1 meter,” Pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Terpopuler