Banjir di Mana-mana, Masjid-masjid Diminta Menyiapkan Diri Jadi Posko Bencana

Date:

Relawan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia atau (BKPRMI) menyerahkan bantuan dari Dewan Masjid Indonesia (DMI) untuk korban banjir di Tanah Rendah, Kampung Melayu, Jakarta Timur. Wakil Ketua Umum DMI, Komjen Pol (Purn) Syafruddin meminta masjid-masjid menyiapkan diri untuk jadi posko bencana menyusul banjir yang terjadi di mana-mana. (Istimewa)

Jakarta – Banjir melanda sejumlah wilayah di Indonesia sejak Sabtu, 20 Februari 2021. Dewan Masjid Indonesia (DMI) meminta masjid-masjid di sekitar lokasi bencana menyiapkan diri menjadi posko bencana.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua Umum DMI, Komjen Pol (Purn) Syafruddin, saat memberikan sejumlah bantuan kepada para korban banjir di Tanah Rendah Kampung Melayu, Jakarta Timur, Minggu, 21 Oktober 2021.

“Mengimbau masjid masjid menyiapkan diri sebagai posko posko bencana jika diperlukan,” kata Syafrudin melalui keterangan tertulis yang diterima BantenHits.com.

Bantuan DMI berupa kebutuhan sehari-hari seperti gula, minyak goreng, mi instan, dan makanan kaleng itu disalurkan oleh sejumlah relawan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia atau (BKPRMI).

Syafruddin berharap agar bantuan tersebut dapat membantu meringankan beban mayarakat yang tertimpa bencana banjir.

Ia juga meminta, selain masjid di sekitar daerah bencana agar membuka pintunya untuk para pengungsi, juga penanganan bencana tetap menerapkan protokol kesehatan terkait COVID-19. 

“Ini adalah bentuk kepedulian PP DMI dan BKPRMI dalam memberikan bantuan kepada umat yang membutuhkan semoga bermanfaat, dan bagi masjid yang berada di sekitar daeran bencana agar dapat membuka pintunya bagi para pengungsi dan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19,” ujar Syafruddin.

Pada kesempatan terpisah Ketua Umum BKPRMI, Said Aldi Al Idrus mengimbau kepada seluruh warga di bantaran sungai, agar tetap waspada, tetap menjaga kesehatan dan memakai masker, serta selalu bermohon kepada Allah agar bencana dan COVID-19 di negeri ini segera berakhir.

Warga Kampung Tanah Rendah, Kampung Melayu, Jakarat timur mengaku sangat terbantu dengan bantuan yang disalurkan oleh DMI dan BKPRMI tersebut.

“Saya mewakili warga Tanah Rendah, Kampung Melayu warga mengucapkan terima kasih kepada PP DMI dan BKPRMI yang selama ini sangat peduli dengan kondisi warga yang tertimpa musibah,” ujar Hendra Lesmana yang merupakan tokoh pemuda pada daerah tersebut.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...