Connect with us

Berita Utama

Rakyat Lagi Susah Gara-gara Pandemi COVID-19, DPRD Pandeglang Malah Naikin Anggaran Perjalanan Dinas Jadi Rp 41 M

Published

on

DPRD Pandeglang ketika melaksanakan Paripurna Istimewa HUT Kabupaten Pandeglang ke 145. (Dok. BantenHits.com)

Pandeglang – Anggaran perjalanan dinas Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pandeglang tahun anggaran (TA) 2021, mengalami kenaikan menjadi Rp41,1 Miliar. Tahun lalu anggaran perjalanan dinas wakil rakyat ini hanya sekitar Rp38,6 Miliar.

Kenaikan anggaran perjalanan dinas ini menjadi ironi di tengah pandemi COVID-19 yang masih menggila. Bahkan Direktur Aliansi Lembaga Independen Peduli Publik (ALIPP), Uday Suhada menilai DPRD tak memiliki Sense of Crisis.

“DPRD Pandeglang ini enggak punya Sense of Crisis. Anggaran malah makin membengkak, dari tahun lalu. Pada APBD 2020 sebelum datangnya Pandemi COVID-19, anggarannya sebesar Rp.38,6 miliar. Tahun ini malah gila, mereka sengaja menambah anggarannya di tengah kesulitan masyarakat hingga mencapai Rp. 41,1 miliar,” kata Uday kepada wartawan, Rabu 24 Februari 2021.

BACA :  Stok di PMI Mulai Menipis, Anggota Polres Lebak Ramai-ramai Donor Darah

Menurut Uday, seharunysa dengan anggaran sebesar itu DPRD Pandeglang mampu menunjukan kinerja yang lebih baik, berpihak pada rakyat dan tidak tunduk pada kekuasaan.

“Rakyat Pandeglang belum melihat apa saja yang diperbuat dari tiga fungsi Dewan. Yang rutin hanya ketok palu dalam penyusunan RAPBD dari eksekutif, sedangkan fungsi kontrol dan legislasi nampak mandul,” tegasnya.

Sementara Ketua HMI Cabang Pandeglang, Hadi Setiawan menyebut, anggaran perjalanan Dinas tersebut sangat irasional dan hanya terkesan pemborosan terlebih saat semua anggaran difokuskan pada penanganan  virus corona atau COVID-19.

“Kami melihat ini tidak rasional bahkan pemborosan anggaran. Anggaran ini harusnya bisa dialokasi untuk penanganan COVID-19 atau pemulihan ekonomi masyarakat Pandeglang,” tandasnya.

BACA :  Geram Pelaksanaan Program RPJMD Kota Cilegon Lambat, Edi Ariadi Semprot ASN saat Apel

Editor : Engkos Kosasih



Pria kelahiran Pandeglang ini dikenal aktif berorganisasi sejak sekolah hingga di bangku kuliah. Rosid memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap kehidupan sosial.

Terpopuler