Apa Penyebab 200 Rumah di Desa Citasuk Padarincang Terendam Banjir setelah Enam Jam Diguyur Hujan?

Date:

Kondisi rumah warga Desa Citasuk Kecamatan Padarincang, Kabupaten Pandeglang yang terendam air akibat hujan lebat dan luapan air sungai Cikalumpang. (BantenHits.com/Mursyid Arifin)

Serang – Warga Kampung Sukamaju, Desa Citasuk, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Banten, kembali terendam banjir setelah diguyur hujan sekitar 6 jam lebih pada Rabu, 24 Februari 2021.

Berdasarkan informasi yang dihimpun BantenHits.com, peristiwa terjadi setelah wilayah tersebut diguyur hujan dari pukul 13.20 hingga pukul 20.00 WIB.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Serang, Nana Sukmana Kusuma menerangkan, kejadian banjir di Kecamatan Padarincang tepatnya di Desa Citasuk disebabkan oleh luapan air sungai Cikalumpang ditambah curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan beberapa rumah tergenang air.

“Sungai Cikalumpang meluap dan drainase tidak cukup menampung debit air. Sehingga menggenangi pemukiman (warga) dengan tinggi muka air (TMA) 20-30 Cm,” ujar Nana dalam keterangannya yang diterima BantenHits.com.

Nana menyebutkan, dari 200 rumah atau kepala keluarga (KK) itu terdiri dari 300 jiwa penduduk, dan terdapat 20 orang lansia. Namun, hingga saat ini warga masih mengungsi di rumah saudaranya masing-masing.

Adapun upaya yang dilakukan BPBD setempat, lanjut Nana, pihaknya telah menerjunkan personel ke lokasi kejadian pada pukul 21:47 WIB untuk melakukan evakuasi dan pendataan.

“Hingga saat ini warga mengungsi di rumah saudaranya. Alhamdulillah, air berangsur surut di RT 24, 25 dan 26 dengan TMA 10-15 pada pukul 22:55 WIB. Sat ini masih dalam pemantauan,” katanya.

Kendati demikian, kata Nana, dari kejadian tersebut para korban yang terdampak banjir di lokasi itu untuk saat ini membutuhkan bantuan makanan siap saji.

“Kebutuhan mendesak warga makan siap saji, selimut, family kids dan matras,” ucapnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Pangling! Begini Penampakan Kawasan Jalan Kali Sipon setelah Hari keempat Penertiban

Berita Tangerang - Penertiban yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot)...

Kejuaraan Nasional Gateball 2024 Digelar di Alun-alun Ahmad Yani Kota Tangerang 26-28 April 2024

Berita Tangerang - Bagi Anda pecinta olahraga, jangan sampai...

Kapolri Ungkap Peran Besar Muhammadiyah bagi Bangsa

Berita Jakarta - Muhammadiyah senantiasa selalu mengingatkan seluruh elemen...