Connect with us

Berita Terbaru

Tanaman Duren hingga Melinjo di Pabuaran Serang Gagal Panen Diduga Gara-gara Limbah Pabrik

Published

on

Kondisi Lahan Perkebunan Warga Desa Kadubereum, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang yang Dicemari Limbah Pabrik (BantenHits.com/Mursyid Arifin)

Serang – Warga Desa Kadubereum, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, mengeluhkan adanya limbah dari PT. Wabin Jayatama yang meluluh lantakan tanaman mereka.

Limbah tersebut mengalir ke perkebunan seluas 2 hektare milik masyarakat di Desa Kadubereum, sehingga menyebabkan gagal panen.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, lahan tersebut milik 7 orang warga Desa Kadubereum, saat ini semua lahan sudah tidak bisa ditanami.

“Semuanya pada mati. Kebun Duren, Tangkil, Melinjo dan pisang gagal panen,” keluh Fendi salah satu pemilik lahan aaat ditemui wartawan di lokasi, Rabu, 3 Maret 2021.

Fendi menegaskan, dirinya bersama warga atau pemilik lahan lainnya hanya meminta kompensasi ganti rugi. Alasannya, lahan perkebunan sudah tak lagi berfungsi.

BACA :  Botol "Sprite" Berisi Bensin Jadi Petunjuk Terbakarnya Pasangan Muda di Tembong Serang

“Semua pada mati terkena limbah. Ini mah limbah berbahaya, karena merusak tanaman,” akunya.

Diketahui PT. Wabin Jayatama, Gunung Kupak, Desa Kadubereum, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang merupakan salah satu cabang perusahaan dari Japfa Grup.

Perusahaan ini berkecimpung dalam aktivitas bisnis pertanian dan pemasok perumahan unggas.

Terpisah, Penanggung Jawab Perkebunan, PT Wabin Jayatama, Ateng mengatakan, pihaknya siap bertanggung jawab dan akan mengunjungi kediaman pemilih lahan yang terdampak.

“Kami akan berkunjung untuk mediasi. Nanti kami cek ulang kepemilikan lahan masyarakat, dan barulah sepakati kompensasi ataupun ganti rugi,” singkatnya.

Editor : Engkos Kosasih



Pria kelahiran Cihara, Kabupaten Lebak ini, dikenal aktif berorganisasi. Sejak sekolah hingga kuliah, jabatan strategis dalam organisasi pernah diembannya. Mursyid dikenal memiliki daya juang dan dedikasi tinggi dalam pekerjaannya.

Terpopuler