Connect with us

Berita Utama

Bikin Resah Guru, Oknum Wartawan di Pandeglang Gentayangan Minta-minta Duit Pencairan Dana BOS

Published

on

Ilustrasi Oknum Wartawan Gadungan (Dok. BantenHits.com)

Pandeglang – Oknum wartawan di Kabupaten Pandeglang bikin resah sejumlah guru sekolah. Pasalnya, oknum tersebut ‘gentayangan’ ke setiap sekolah untuk meminta duit pencairan dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS).

Seorang guru SMA di Kabupaten Pandeglang, inisial GR mengatakan, modus yang dilakukan oknum wartawan tersebut yakni menuding pengelolaan dana BOS tidak transparan. Kemudian meminta uang sebesar Rp5-10 juta agar tidak diberitakan.

“Alasannya untuk kerjasama di media mereka supaya tidak dibuat berita yang soal BOS itu. Terus ngancem-ngancem dan cari masalah yang aneh-aneh. Bilangnya sekolah kurang transparan, kurang terbuka lah,” kata GR melalui sambungan telpon, Senin 8 Maret 2021.

BACA :  Perampok Berpistol Masuk Rumah di Soleh Ali Tangerang, Ibu dan Anak Lolos dari Sekapan

Selain mengancam akan mempublikasikan perihal dana BOS, oknum wartawan ini juga mengancam akan melaporkan pihak sekolah ke Polres Pandeglang jika tidak memberikan uang yang diminta.

“Mereka ngancamnya akan melaporkan pengelolaan dana BOS ke Polisi, katanya kenal sama Kapolres nya,” jelasnya.

Menurut GR, oknum tersebut datang ke sekolah hampir setiap hari secara rombongan. Meski tidak dihiraukan, oknum tersebut terus mencari-cari kesalahan sekolah. Parahnya, mereka sampai datang ke rumah pribadi kepala sekolah dengan mengancam akan mempublikasikan pengelolaan dana BOS.

“Mereka ini datangnya rombongan, bisa lima sampai sepuluh orang. Itu sering datangnya, kalau dana BOS cair, mending kalau namunya pas hari kerja, ini kata kepala sekolah saya mereka hari libur juga datang ke rumah. Terus datangnya malem, kadang mau istirahat juga kepala sekolah saya jadi keganggu,” pungkasnya.

BACA :  KPI Concern Advokasi Perempuan

Sementara guru SMP di Pandeglang, SM mengatakan, sudah sering menerima kedatangan oknum wartawan yang menuding pengelolaan dana BOS tidak transparan. Meski demikian, oknum wartawan yang diterima SM tidak sampai meminta uang dengan jumlah tertentu.

“Modusnya sama, minta untuk kerjasama media. Kadang minta uang buat beli rokok dan bensin, cuma ini hampir setiap hari datang ke sekolah, pusing juga,” tutupnya.

Editor : Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler