Pesawat Wings Air Hendak Melesat Terbang, Seorang Pria Tiba-tiba Buka Jendela Darurat hingga Terjadi Ini

Date:

Wings Air dengan nomor penerbangan bernomor IW-1248 jurusan Bandara Kualanamu – Bandar Udara Binaka di Gunung Sitoli terpaksa menunda keberangkatan gara-gara seorang penumpang tiba-tiba buka jendela darurat. (Foto: Dok. Wings Air)

Jakarta – Seorang pria berinisial HS (29) tiba-tiba membuka jendela darurat (emergency exit window) saat pesawat Wings Air hendak terbang dari Bandar Udara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO) tujuan Bandar Udara Binaka di Gunung Sitoli, Sumatera Utara (GNS), Minggu pagi, 7 Maret 2021.

Belum diketahui alasan pria yang berdasarkan lembar masuk pesawat (boarding pass) memiliki nomor kursi 3A ini melakukan aksinya.

Corporate Communications Strategic of Wings Air, Danang Mandala Prihantoro melalui keterangan tertulis kepada BantenHits.com mengatakan, Wings Air dengan nomor penerbangan bernomor IW-1248 sudah dipersiapkan dengan baik.

“Pesawat memiliki jadwal keberangkatan pada 08.45 WIB. Wings Air mengoperasikan ATR 72-500 registrasi PK-WFO, yang akan menerbangkan empat awak pesawat serta 44 penumpang dewasa serta 1 (satu) anak-anak,” jelasnya.

Aksi HS membuka jendela darurat terjadi ketika proses persiapan keberangkatan selesai dan seluruh penumpang sudah berada di dalam kabin pesawat.

“Atas kondisi tersebut, seluruh penumpang diturunkan dan diarahkan kembali ke ruang tunggu keberangkatan bandar udara,” terangnya.

“Saat ini (Minggu, 7 Maret 2021), ATR 72-500 registrasi PK-WFO sedang dilakukan pengecekan pada pesawat udara,” sambungnya.

Menurut Danang, sesuai standar operasional prosedur (SOP), awak pesawat menginformasikan kepada petugas layanan darat (ground handling) dan petugas keamanan (aviation security/ avsec) agar segera dilakukan penanganan kepada HS.

“Wings Air telah menyerahkan HS kepada pihak terkait beserta Otoritas Bandar Udara (otband) guna pemeriksaan dan proses lebih lanjut,” bebernya.

Peristiwa tersebut, lanjut Danang, mengakibatkan keterlambatan keberangkatan Wings Air penerbangan IW-1248 yaitu 55 menit.

“Penerbangan IW-1248 telah diberangkatkan kembali pada 09.40 WIB dengan menggunakan pesawat Wings Air yang lain yakni ATR 72-600 registrasi PK-WHM. Pesawat mendarat di Gunung Sitoli pukul 10.45 WIB,” tuturnya.

Danang menegaskan bahwa seluruh operasional pesawat mengutamakan aspek keselamatan dan keamanan (safety first).

Wings Air mewajibkan kepada seluruh penumpang untuk tidak melakukan tindakan yang dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan saat di darat serta sedang mengudara.

“Tindakan yang dilakukan oleh penumpang indisipliner atau unruly/ disruptive passenger akan mendapatkan sanksi tegas dan memiliki konsekuensi hukum,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

  • Darussalam J. S

    Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...

Angka Kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024 Menurun, Pelanggaran ETLE Meningkat

Berita Jakarta - Angka kecelakaan saat Mudik Lebaran 2024...