Connect with us

Berita Terbaru

16 Penganut Aliran Hakekok Balakasuta “Nyantri” di Kiyai Ternama Pandeglang

Published

on

Ketua MUI Kabupaten Pandeglang, Tb Hamdi Ma’ni saat Memberikan Keterangan Pers (Engkos Kosasih/BantenHits.com)

Pandeglang – Sebanyak 16 penganut aliran Hakekok Balakasuta yang diamankan beberapa hari lalu di Kecamatan Cigeulis, mendapat pembinaan langsung dari ulama ternama di Kabupaten Pandeglang, Abuya Muhtadi Dimyati.

“Sudah kami serahkan ke beliau (Abuya Muhtadi) untuk dilakukan pembinaan agar kembali ke jalan yang benar,” kata Ketua MUI Pandeglang, Tb. Hamdi Ma’ani, Senin 15 Maret 2021.

Aliran yang dipimpin oleh Arya (52) warga Kampung Polos, Desa Waringin Kurung, Kecamatan Cimanggu ini dianggap menyimpang, karena melakukan ritual mandi bersama secara bugil dan mengubah lafadz dua kalimat syahadat.

“Jadi ada beberapa yang dianggap menyimpang, seperti ritual mandi nya itu (Mandi Bersama Secara Bugil), merubah lafadz dua kalimat syahadat dan ada beberapa praktik lain yang tidak sesuai dengan syariat islam,” ujarnya.

BACA :  Dua Begal Dihakimi Warga di Lebak, Satu Tewas

Saat ini MUI Pandeglang dan Badan Koordinasi Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakorpakem) tengah melakukan pembahasan untuk mengeluarkan fatwa terhadap aliran ini.

Hamdi menegaskan, jika sudah dilakukan pembinaan oleh Abuya Muhtadi akan tetapi masih melakukan penyimpangan syariat Islam, akan diproses hukum.

“Jika masih membandel setelah dibina akan kita penjarakan, nanti ada surat pernyataan dan terus dilakukan pengawasan,” pungkasnya.

Sementara Kapolres Pandeglang, AKBP Hamam Wahyudi mengaku, tidak akan melakukan proses hukum pada para penganut aliran menyimpang tersebut. Hal itu berdasarkan rekomendasi dari Bakorpakem.

“Tidak akan diproses (Hukum), jadi hanya akan dibina saja, sampai mereka taubat dan menjalankan ajaran syariat Islam,” tutupnya.

Editor : Fariz Abdullah

BACA :  Potret Kampung Kumuh di Warung Jaud Serang, Sampah Menumpuk Menyatu dengan Kotoran Kerbau



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler