Connect with us

Berita Terbaru

Warga Teriak Jalan Desa Tanjung Burung Tangerang Ambrol; Camat: Pekan Depan Diperbaiki

Published

on

Jalan di Kampung Kandang Genteng, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, Ambrol. (Bantenhits/Rikhi Ferdian)

Tangerang- Jalan di Kampung Kandang Genteng RT 003 RW 006, Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang, ambrol. Akibatnya, akses jalan terputus lantaran tak bisa dilintasi baik oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. 

Asep Deni Pradita (25), salah seorang warga mengungkapkan, peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu 13 Maret 2021 sekira pukul 20.30 Wib. 

Ia dan warga lainnya menduga, jalan yang ambrol tersebut disebabkan oleh penurunan tanah karena gerusan air. Terlebih, jalan dengan kondisi tanah yang tidak padat itu juga kerap dilintasi oleh kendaraan besar. 

BACA :  Bupati Iti Ingin Ada Koperasi Berbasis Budaya di Lebak

“Badan jalan hampir semuanya yang ambrol nggak bisa dilintasi kendaraan karena berbahaya,” Ungkap Asep, Minggu 14 Maret 2021. 

Ia melanjutkan, khawatir ada pengendara yang terperosok, akses jalan tersebut ditutup sementara. Para pengendara roda dua terpaksa harus mencari jalur alternatif lain melalui perkampungan. 

“Kalau untuk motor bisa lewat jalan kampung tapi kalau mobil nggak bisa harus muter arah,” Ujarnya. 

Sementara Camat Teluk Naga Zam Zam Manohara mengaku sudah meninjau ruas jalan di Kampung Kandang Genteng yang ambrol hingga menyebabkan akses jalan menuju perkampungan di Desa Tanjung Burung, terputus. 

Ia mengatakan, jalan yang ambrol akibat abrasi itu bakal segera diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Kabupaten Tangerang. Diperkirakan, perbaikan jalan mulai dilaksanakan minggu depan. 

BACA :  DPKD Tangerang Optimis Capaian Target Pendapatan Daerah Melebihi 101 Persen

“Tadi sudah dimonitor sama Kadis Bina Marga dan tim, dari BBWSC2 Kemen PUPR, Kades dan Muspika. Mungkin minggu depan sudah mulai ada tindak lanjut yah,” Kata Zam Zam saat dikonfirmasi, Minggu 14 Maret 2021. 

Ia mengungkapkan, jika sebenarnya kondisi jalan yang ambrol tersebut masih sangat layak. Hanya saja, posisinya yang berada di pinggir kali rentan terkena abrasi, terlebih pada tanggulnya belum pernah dilakukan penurapan. 

“Secara teknis yang lebih paham Bina Marga dan Kemen PUPR yah. Inikan ada dua kewenangan, kalau masalah turapnya ini kan dari balai besar kalau untuk jalannya dari Bina Marga. Tapi koordinasi tekhnis sih sudah nyambung, mungkin minggu depan sudah ada langkah-langkah yang diambil,” Tutur Zam Zam.

BACA :  Usai Sahur, Dua Kelompok ABG Perang Petasan di Pagedangan

Ia menambahkan, meski akses jalan utama bagi warga Desa Tanjung Burung tersebut terputus, namun tak sampai membuat membuat warga terisolir karena masih ada akses jalan lain yang bisa digunakan. 

“Akses lain ada sebenarnya cuman lewat belakang lewat Cirumpak sana nanti ketemunya ke Tanjung Pasir tapi kondisinya belum terbangun secara baiklah. Tapi akses ada, kalau jalan tidak terisolir mati ada akses-akses yang lain,” Pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah



Pria kelahiran Jakarta ini memiliki latar belakang sarjana pendidikan. Ketertarikan pada dunia literasi membuat Rikhi--begitu dia biasa dipanggil--memilih jalan hidup sebagai jurnalis.

Terpopuler