Connect with us

Advertorial

Ada 9.182 Titik PJU, Begini Cara Dishub Kabupaten Serang Lakukan Perawatan Rutin

Published

on

Petugas Dishub Kabupaten Serang saat Melakukan Perbaikan PJU (Istimewa)

Serang – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang, rutin melakukan perbaikan serta perawatan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang berada di sepanjang jalan Kabupaten Serang.

Kabid Teknik Sarana dan Prasarana Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang, M Edi Firdaus Lutfie mengatakan, bahwa ada sekitar 9,182 PJU yang tersebar di jalan Kabupaten Serang, Provinsi dan Nasional.

“Kaitannya pemeliharaan ini berdasar laporan masyarakat, kalau ada kerusakan nanti kita rekap dan nanti kita lakukan perbaikan, kedepan ini rencana ada sistem smart dan langsung diperbaiki,” jelas Edi saat temui di kantornya, Selasa 23 Maret 2021.

Dishub Kabupaten Serang saat ini hanya memiliki dua mobil skywalker dan setiap satu mobil di isi oleh empat anggota Dishub.

BACA :  Viral Bupati Pandeglang Hujan-hujan Cek Penyebab Banjir di Pasar Badak, DPUPR Provinsi Banten Sebut Pemkab Tak Bikin Drainase

“Ini kita upayakan untuk penambahan kendaraan dan tenaga teknisi karena kondisi yang jauh-jauh, kita pemantauan dan monitoring jika ada laporan dari masyarakat,” ungkapnya.

Lanjut Edi menjelaskan, pada tahun 2021 ini pihaknya sudah merencanakan pembangunan 770 PJU yang sudah masuk dalam tahap lelang.

“Lokasi utamakan di jalan Kabupaten, sekarang masuk proses persyaratan (lelang),” paparnya.

Sementara Kasi PJU Dishub Kabupaten Serang, Zul Melaz menjelaskan dalam memperbaiki lampu PJU, Dishub Kabupaten Serang menurunkan 14 petugas beserta teknis. Perbaikan biasanya dilakukan jika terdapat kabel yang sudah putus atau lampu penerangan yang sudah tidak berfungsi. 

“Kita jemput bola dan perbaikan pola monitoring juga di daerah Anyer dan juga jalan negara atau provinsi yang asetnya masih di Kabupaten Serang. Banyak ditemukan ganti lampu karena rusak kami ganti atau kabel putus kami perbaiki itu kerusakan ringan,” paparnya.

BACA :  72 Paket Jakamantul Rp110,5 Miliar di Pandeglang Ditender Dini

Pemeliharaan kerusakan yang sering terjadi pada PJU terkait pemeliharaan jaringan atau kerusakan, pemeliharaan lampu atau komponen pada panel induk distribusi.

“Contoh jalan raya Palka itu jalan provinsi asetnya masih Kabupaten, banyak, banyak lampu yang rusak karena kekuatan lampu hanya 5000 jam, kita juga perbaikan panel yang digunakan sensor matahari,” tungkasnya. (ADVERTORIAL)



Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terpopuler